5 Jalur mudik terpadat di Indonesia

Jalur mudik merupakan jalur jalan yang sering dilalui oleh para pemudik dalam melakukan perjalanan mudik ke tempat asalnya. Jalur mudik ini tersebar di berbagai daerah dengan tingkat kepadatan dan keramaian yang beragam, umumnya jalur mudik terdapat di jalan-jalan besar yang biasanya menjadi jalan utama dalam transportasi. Di Indonesia terdapat beberapa jalur mudik yang biasanya menjadi sangat padat dan ramai saat musim mudik tiba, jalur-jalur mudik ini mayoritas berada di pulau Jawa yang padat akan penduduk dibanding dengan daerah lainnya di Indonesia.

Untuk menambah referensi anda yang membutuhkan informasi mengenai jalur mudik yang padat dan berpotensi macet panjang. Berikut kami coba tampilkan 5 Jalur mudik terpadat di Indonesia, yang biasanya menjadi konsentrasi kepadatan kendaraan dan kemacetan saat mudik tiba.

–          Cikampek-Simpang Jomin

Jalur mudik ini sudah sering menjadi penghias layar kaca jika musim mudik tiba karena selalu padat akan kendaraan yang melalui jalur ini, kepadatan jalur mudik Cikampek-Simpang Jomin biasanya terjadi oleh keluarnya berbagai kendaraan dari kota Jakarta yang bermuara di tol Cikampek menuju berbagai kota di Jawa.

–          Jakarta-Merak

Jalur mudik Jakarta-Merak merupakan jalur mudik utama yang menghubungkan berbagai pemudik yang berasal dari berbagai kota di pulau Jawa menuju pulau Sumatera. Jakur mudik ini melewati berbagai daerah di kawasan provinsi Banten untuk kemudian menuju pelabuhan yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera yakni pelabuhan Merak – Bakauheni. Karena krusialnya jalur mudik ini  maka tidak heran jika jalur ini selalu padat jika musim mudik tiba.

–           Jalur mudik Pantura Jawa Barat

Jalur mudik ini meliputi daerah pantura Jawa Barat seperti Subang utara, Indramayu dan Cirebon. Jalur mudik Jawa Barat ini selalu padat karena menjadi lalu lintas utama transportasi di utara Jawa. Limpahan mobil dan berbagai kendaraan yang akan mudik dari Jakarta biasanya menggunakan jalan ini sebagai jalur transportasi utama mereka. Untuk menanggulangi kemacetan di jalur mudik pantura Jawa pemerintah sudah membuka berbagai jalur alternatif yang bisa memecah kepadatan di jalur pantura Jawa Barat.

–          Jalur mudik Pantura Jawa Tengah

Seperti halnya jalur pantura Jawa Barat, Jalur pantura Jawa Tengah seperti Brebes, Pekalongan,  Pemalang dan berbagai kota di utara Jawa Tengah lainnya selalu padat di hinggapi berbagai kendaraan yang akan mudik ke arah tengah dan timur kota di Pulau Jawa seperti Semarang dan Surabaya. Kemacetan biasanya terjadi karena banyaknya pasar tumpah yang memakan median jalan.

–          Jalur Mudik Nagreg

Nagreg merupakan jalur utama di selatan Jawa Barat yang biasanya dilalui pemudik dengan tujuan berbagai kota di selatan Jawa Barat seperti Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar lalu kota di selatan Jawa Tengah seperti Cilacap, Kebumen dan Yogyakarta pun biasanya melintasi jalur ini maka tidak heran jika jalur ini selalu macet dan padat saat arus mudik dan arus balik tiba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*