7 Kuliner Indonesia yang Tersohor di Luar Negri serta Sejarahya [Part 2]

Setelah kami membahas 3 makanan yang termasuk dalam 7 Kuliner Indonesia yang Tersohor di Luar Negri serta Sejarahya [Part 1], seperti Sate, Nasi Goreng dan Rendang. Kini akan kami sampaikan kembali mengenai 4 makanan Indonesia lainnya yang termasuk dalam 7 kuliner indonesia yang tersohor. Beriku akan kami berikan informasinya

4. Gudeg

Gudeg Jogja

Gudeg adalah sebuah masakan khas yang berasal dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Gudeg atau yang biasa di tulis gudheg (bahasa jawa) ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan kelapa. Untuk membuat gudeg ini, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Daun jati yang dimasak bersamaan inilah yang membuat warna kecoklatan pada masakan yang enak ini. Untuk memakan gudeg, biasanya disajikan bersama dengan nasi yang kemudian diberi kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Ada satu cerita dimana asal muasal nama gudeg mulai dipakai dimakanan khas Jojga ini. Walaupun tidak bisa dipastikan keabsahannya dalam cerita yang berkembang dimasyarakat. Cerita ini berawal dari adanya sepasang suami istri. Sang suami adalah keturunan dari inggris dan sedangkan sang istri berasal dari jawa. Disuatu siang saat ingin menyiapkan makan siang, sang istri yang biasa dipanggil sang suami dengan panggilan’ dek’ kebingungan dengan apa yang hendak ia masak untuk sang suami. Lalu teringatlah dia dengan resep turun-temurun keluarganya yang menggunakan bahan dari nangka muda. Kemudian ia memasaknya.

Saat sang suami pulang, karena dalam keadaan lapar sang suami pun langsung menuju meja makan dan makan masakan yang dimasak istrinya dengan sangat lahap. karena merasa enak lalu sang suami berkata agak keras “Good Dek” dengan ekspresi senang. “it’s good dek”. Sang istri terkejut dan menceritakan kalau suaminya suka dengan masakannya, dan ia selalu menyebut masakannya ‘good dek’. Dari situlah kata GUDEG tercipta.

5. Bakso

Bakso

Bakso atau juga bisa disebut baso adalah makanan yang berbentuk seperti bola dan makanan ini berbahan dasar daging. Biasanya daging yang digunakan untuk membuat bakso ada bermacam-macam. Seperti daging ayam, daging sapi, daging ikan ataupun udang. Dalam penyajiannya, Bakso ini umumnya di sajikan dengan sebuah kuah kaldu bening yang dicamur dengan sebuah mi, dan bihun. Ada juga yang menambahkan pelengkap seperti taoge, tahu, telur dan banyak lagi tambahan-tambahan dalam bakso yang biasa ditambahkan.

Asal usul Bakso ini adalah seni kuliner Tionghoa Indonesia hal ini ditunjukkan dari istilah ‘bakso’ berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging babi giling’. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

6. Nasi Kuning

Nasi kuning adalah sebuah masakan Indonesia yang terbuat dari Beras yang kemudian di campur dengan kunyit, santan, beserta rempah-rempah saat dilakukan pemasakan dan membuat nasi ini pun menjadi warna kuning.

Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia.

Dalam tradisi Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. Dalam tradisi Bali, warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Nasi kuning oleh karena itu sering dijadikan sajian pada upacara kuningan.

7.  Gado- Gado

gado-gado

Menjadi salah satu makanan khas Indonesia dan berasal dari Jawa. Gado-gado adalah makanan yang berupa sayur-sayuran yang telah direbus dan dicampur menjadi satu. Sayuran ini antara lain ada  taoge, kubis, selada, kacang panjang, dan kol. Setelah sayur-sayur ini di jadikan satu, tak lupa diberi siraman berupa bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.

Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong. Para turis biasa menyebut gado-gado ini dengan istilah indonesian salad.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*