Angkutan Lebaran Tahun Ini Tidak Ada Kenaikan

Guna menjaga adanya inflasi, Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindam memastikan lebaran tahun ini tidak ada kenaikan tarif angkutan. Pihaknya akan terus mengawasi jalannya lebaran tahun ini dan berusaha keras untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan contohnya kenaikan tarif angkutan.

Selain sudah menyepekati keputusan tersebut bersama dengan anggota Menhub lainnya, Mangindaan juga mengaku telah menerima sebuah ulasan dari Indonesia National Air Carriers Association (INACA) dan sebuah perusahaan pelayaran untuk tetap menaikkan tarif pada siang dan malam hari. Dimana pada jam-jam tersebut banyak sekali orang yang memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik. Sayangnya Mangindaan bersikeras untuk tetap menolak adanya tawaran tersebut.

Usulan tersebut memang jelas-jelas ada namun beliau masih tetap perlu untuk mengkaji dan mempertimbangkan lagi. Karena hal ini menyangkut kebutuhan banyak orang dan sebagian besar dari mereka adalah kalangan masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Otomatis apabila tarif angkutan dinaikkan akan memberatkan masyarakat. Meskipun semua moda ingin adanya kenaikkan tarif saat lebaran hal ini akan sangat beresiko terhadap inflasi.

Tidak hanya Menhub saja yang telah mempersiapkan berbagai hal untuk kegiatan mudik masyarakat tahun ini, pasalnya pemerintah juga telah mempersiapkan sarana transportasi untuk moda angukutan darat :bus, kereta api; angkutan air : sungai , laut; dan angkutan udara : pesawat terbang. Jumlah yang diturunkan pun juga banyak sehingga sudah pasti mampu menampung penumpang yang jumlahnya juga relative banyak. Angkutan jalan berupa bus dikerahkan sebanyak 22.340 bus antar kota dan antar provinsi, 16.415 bus  untuk antar kota dalam provinsi, 42.60 untuk bus pariwisata, 293 untuk KA reguler, 32 KA lebaran, 416 lokomotif siap operasi ,1.555 kereta SO penumpang,25 kapal pelni, 28 kapal Ro-Ro swasta, 72 kapal penumpang, 84 kapal perintis, 1.049 kapal swasta jarak dekat, 430 pesawat  dengan kapasitas 58.585 orang.

Khususnya untuk lintasan angkutan darat pemerintah juga telah menurunkan orang untuk segera memperbaiki jalan yang rusak. Sehingga kegiatan mudik tahun ini minim akan adanya kecelakaan yang disebabkan rusaknya jalan. Menhub berharap keputusan untuk tetap mempertahankan harga tiket angkutan pada lebaran ini dapat diterima oleh berbagai pihak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*