Arus Mudik Diperkirakan Melonjak Pada H-10 Lebaran

Berbagai upaya Menhub dalam memperlancar arus mudik tahun 2014 terus dilakukan . mulai dari perbaikan jalan hingga penambahan jumlah angkutan umum yang akan menjadi transpotasi utama bagi para pemudik. Selain aman dan nyaman transportasi umum juga dipatok dengan harga yang murah. Jadi para pemudik tidak perlu takut dengan kenaikan harga tarif angkutan umum saat lebaran tiba.

Jumlah angkutan umum yang ada di Indonesia memang ditambah dan bagi yang tidak layak jalan maka sudah pasti tidak mendapatkan ijin beroperasi. Selain itu melonjaknya jumlah pemudik nantinya akan dibantu adanya mudik gratis yang disiapkan oleh beberapa perusahaan besar. Tentu saja kegiatan ini sangat didukung penuh oleh Menhub karena lebih membantu masyarakat melaksanakan mudik.

Untuk arus mudik sendiri diperkirakan mengalami lonjakan pada H-10. Hampir 10.000 kendaraan akan berlalu lalang di semua jalan utama menuju setiap daerah. Jumlah kendaraan ini bisa saja terus meningkat mendekati hari H perayaan Hari Raya Idul Fitri. Banyaknya jumlah pemudik dan kendaraan yang digunakan sudah pasti membutuhkan perhatian khusus sehingga tidak ada lagi kesemrawutan jalan bahkan terjadinya kecelakaan yang memakan korban jiwa.

Lonjakan jumlah penumpang pada H-10 nantinya juga berpengaruh pada tingkat keselamatan penumpang, ramainya pemudik sudah pasti membuat akses jalan semakin macet. Pihak kepolisian juga harus terus dikerahkan dan diturunkan ke jalan-jalan utama arus lebaran.

Untuk arus balik sendiri diperkirakan akan melonjak pada H+5. Dan jumlahnya mungkin juga hampir sama dengan jumlah arus mudik. Kegiatan mudik memang menjadi kegiatan rutin yang dilakukan masyarakat Indonesia. Bahkan semakin tahun jumlahnya semakin melonjak. Berbagai usaha dan perhatian diberikan langsung oleh pemerintah untuk mendapatkan kelancaran dan kenyamanan dalam kegiatan mudik.

Lebih dari 1.000 anggota kepolisan dikerahkan langsung ke berbagai daerah untuk mengatur lalu lintas. Sehingga para pengendara baik sepeda motor, mobil atau kendaraan umum dapat sampai tujuan dengan selamat. Selain perhatian dari pemerintah, masyarakat yang akan mudik juga diharuskan mempersiapkan dengan baik. Jangan sampai ada yang ketinggalan atau bahkan membawa barang terlalu banyak. Hal ini sudah pasti akan mengurangi kenyamanan dalam melakukan mudik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*