Asal Mula Terciptanya Lambang Cinta di Dunia

Love adalah deretan kata-kata yang sangat lekat dengan definisi cinta. Kata cinta selalu dikaitkan dengan sebuah perasaan manusia yang begitu dalam kepada seseorang dan biasanya dilambangkan dengan bentuk love atau hati.

Namun pernahkah anda tahu darimana asal mula lambang love atau hati? Kenapa cinta harus disimbolkan dengan bentuk tersebut? Berikut ini adalah asal mula terciptanya lambang cinta yang ada di dunia :

1.3000 Tahun Sebelum Masehi.

Pada tahun tersebut bentuk hati sudah mulai dipercaya, bermula dari bentuk daun ivy yang saat itu seringkali digunakan oleh masyarakat Yunani dan Roma sebagai sebuah ornament dalam keramik dan bejana. Tumbuhan ini memang dianggap melambangkan adanya gairah dan biasanya diletakkan pada batu nisan yang melambangkan cinta abadi meski ada kematian yang memisahkan.

   2. 631 tahun Sebelum Masehi.

Pada saat itu bangsa Yunani mengalami kekeringan dan terjadilah ledakan populasi masyarakat. Saat itu mereka mulai mendirikan kota Kierene yang terletak di ujung Afrika dan menemukan biji silphium yang digunakan sebagai alat kontrasepsi dan dibentuklah sebuah koin berbentuk hati.

   3. 384 tahun Sebelum Masehi.

Simbol hati memang sudah mulai dikenal banyak orang pada tahun ini, dimana seorang ilmuwan bernama Aristoteles berpendapat bahwa jantung adalah sebuah pusat pemikiran dan emosi.

   4. Tahun 1304-106.

Dengan perkembangan ilmu dan teknologi, dimana seorang pelukis menggambarkan sebuah karya berjudul Capella degli Scrovegni dimana melukiskan seorang dermawan yang memegang sebuah hati berbetung jantung dan memberikannya ke syurga.

Pada tahun berikutnya seorang pelukis legenda bernama Leonardo da Vinci menggambarkan adanya ilustrasi awal berbentuk jantung, dimana gambar tersebut mengkombinasikan antara hati dan bentuk jantung secara nyata.

   5. Tahun 2003.

Simbol hati memang semakin banyak ditemui dan melambangkan sebuah cinta. Bahkan pada tahun 2003 digunakan sebagai sebuah film yang sangat terkenal dengan judul Love Actually. Sebuah film yang menyuguhkan drama romantic yang di sutradarai oleh Richard Curtis ini sukses masuk dalam jajaran film paling laris dan memiliki jumlah penonton yang sangat banyak bahkan hingga saat ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*