Astronom Indonesia Berhasil Temukan Planet Baru Di Galaksi Bima Sakti

Tidak kalah dengan negara maju lainnya, ternyata Indonesia juga memiliki astronom yang mampu membuat bangga bangsa Indonesia. Pasalnya astronom yang memiliki nama lengkap Johny Setiawan ini mampu menemukan planet alien galaksi lain. Johny sendiri adalah astrofisikawan muda yang berasal dari Indonesia yang bekerja di Max Plank Insitute for Artronomy (MPIA), Jerman.

Bahkan hebatnya lagi Johny ditunjuk sebagai ketua tim proyek. Ternyata Indonesia memiliki anak bangsa yang mampu menunjukkan kemampuan sangat luar biasa. Johny lahir di Jakarta pada tanggal 16 Agustus 1974. Dengan pendidikan akhir S1-S3 di Freiburg kini ia mampu menunjukkan kemampuannya dengan menemukan planet lain yang ada di Galaksi Bima Sakti. Planet ini diperkirakan sangat mirip dengan Yupiter dan lahir digalaksi lain.

Namun setelah bertahun-tahun lamanya planet ini ditangkap oleh Galaksi Bima Sakti sekitar kurang lebih 6 sampai 9 miliar yang lalu. Untuk kali pertamanya planet ini berada jauh lebih dekat pada jangkauan para astronom. Planet ini bernama Planet HIP 13044b dengan mengorbit bintang tua. Menjadi salah satu anggota tim astronom dari Max-Planck-Institut fus Astronomie (MPIA) Heidelberg Jerman sudah pasti Johny merasa sangat bangga.

Ia mampu menemukan HIP 13044 dengan menggunakan teleskop di sebuah observatorium yang berada di selatan Eropa, La Silla Observatory di Chile. Banyak sekali orang Jerman yang kagum dengan kegigihan yang ditunjukkan oleh Johny, mereka percaya bahwa Johny mampu memberikan hasil terbaik saat melakukan penelitian. Hal tersebut saat ini mampu dibuktikannya secara baik.

Secara online Tim peneliti yang dipimpin oleh Johny Setiawan menyampaikan temuannya tersebut. Dengan adanya penemuan tersebut sudah pasti akan memaksa para astronom untuk terus memikirkan kembali ide-ide yang mereka dapatkan mengenai formasi planet yang dapat digunakan untuk kelangsungan hidup manusia.

Dengan menemukan planet pertama dengan mengelilingi bintang sangat tua dan sangat miskin logam ini sudah pasti mereka akan terus mencari temuan-temuan baru. Planet seperti bumi memang tidak selamanya dapat bertahan hidup namun HIP 13044b nantinya akan hidup selamanya karena bintang induknya akan terus mengalami perkembangan dalam sebuah tahap evolusi berikutnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*