Baterai Unik Terbuat Dari Kapas

Baterai masa depan akan diciptakan dengan model baru yang terbuat dari kapas. Baterai adalah sebuah komponen penting untuk setiap perangkat elektronik yang digunakan sehari – hari. Sebagai sumber daya yang berperan penting dalam sebuah perangkat. Misalnya untuk remote control, lampu, ponsel, laptop, jam, ataupun perangkat lainnya. Dikatakan sebagai perangkat penting pasalnya tanpa ada baterai perangkat – perangkat elektronik tidak bisa dioperasikan.

Karena, baterai berperan sebagai sumber daya yang mampu mengalirkan tegangan pada komponen didalam perangkat tersebut. Pada umumnya baterai terbuat dari bahan – bahan metal langka yang bisa meledak ketika rusak bahkan akan menurun dayanya jika terlalu sering dicharge.

Power Japan Plus mempunyai ide baru dimana membuat sebuah baterai dari bahan organik yang mampu mengatasi masalah baterai, yang terjadi pada umumnya. Baterai berbahan organik yang terbuat dari kapas produksi Power Japan Plus tersebut tidak hanya, menghasilkan daya yang lebih dari baterai lithium. Tetapi, juga bisa dicharge 20x lebih cepat tanpa resiko kehilangan kapasitas daya baterai.

Hal ini dikatakan oleh Power Japan Plus , dalam menghasilkan inovasi ini perusahaan tersebut harus memodifikasi struktur dari carbon fiber kapas menjadi sesuatu yang unik disebut dengan Carbon Complex. Dimana yang digunakan sebagai anoda dan katoda baterai elektrolit organis sebagai konduktornya. Sehingga meskipun dari bahan organik daya yang dihasilkan tidak kalah dengan baterai berbahan metal pada umumnya.

Teknologi ini sebenarnya pernah dibuat pada tahun 1970 di Kyushu University. Jepang Power Japan Plus berencana untuk membuat 500 – 5000 baterai dalam sebulan diakhir tahun ini dengan rencana penjualan untuk digunakan pada perangkat elektronik. Untuk penggunaan lebih jauh, masih dalam tahan percobaan dan akan ditujukan pada akhir tahun 2014 ini.

Problema baterai memang sangat banyak sehingga tidak sedikit juga yang mencari cara menghemat baterai atau cara charge super cepat. Tetapi, dengan adanya inovasi baru baterai ini, diharapkan dapat memecahkan masalah baterai yang saat ini sering terjadi pada penggunaan perangkat elektronik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*