Bolehkah Berjualan Makanan di Siang Hari Ketika Bulan Ramadhan

Saat semua umat muslim yang ada di dunia ini menjalankan ibadah puasa ramadhan sudah pasti banyak sekali hal unik yang mulai kita temui. Mulai dari maraknya orang-orang yang berjualan menu takjil dan berbuka puasa, adanya kegiatan ngabuburit hingga istimewanya menu buka puasa.

Puasa sendiri diartikan sebagai suatu kondisi dimana kita harus dapat menahan lapar, haus serta nafsu. Jika biasanya kita makan makanan pada siang hari, maka akan sangat jauh berbeda ketika bulan ramadhan. Kita harus dapat menahan keinginan untuk bisa menikmati makanan atau minuman segar di siang hari. Adat di Indonesia sendiri selalu melarang orang-orang yang biasa berjualan pada siang hari untuk mengganti waktu mereka berjualan pada malam hari.

Sebenarnya berjualan makanan pada siang hari itu boleh saja. Namun karena untuk menghormati orang muslim yang sedang berpuasa mereka harus memiliki tenggang rasa dan saling menghormati kepada semua umat beragama. Pada dasarnya ibadah puasa menjadi urusan kita dengan Allah SWT.

Jika kita mampu menahan nafsu untuk tidak membeli makanan atau minuman pada siang hari dan mengonsumsinya maka sudah pasti tidak ada hubungannya dengan larangan seseorang yang berjualan pada siang hari. Nah, jadi jika ada seorang penjual yang menjual makanan atau minuman pada siang hari ketika bulan puasa maka sebenarnya tidak ada larangan tertentu.

Bulan ramadhan sendiri memang menjadi bulan yang penuh berkah. Bagi siapa saja yang mampu memperbanyak amalan kebaikan sudah pasti akan mendapatkan syafaat dan pahala berlebih. Jangan pernah menyalahkan orang-orang yang berjualan pada siang hari jika anda mulai tergoda suatu makanan atau minuman ketika menjalankan ibadah puasa. Hal ini sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali.

Bagi anda yang sudah berniat secara baik untuk menjalankan puasa maka sudah menjadi kewajiban anda untuk tetap menjaga nafsu untuk membeli makanan atau minuman pada siang hari walaupun makanan tersebut terlihat sangat lezat dan menggugah selera. Semoga sedikit ulasan yang kami berikan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda dan semoga ibadah puasa kita pada tahun ini dapat diterima oleh Allah SWT.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*