Domba yang bekerja untuk memangkas rumput

Menggunakan suatu hal yang alami dan natural memang tidak selalu merepotkan dan membuang waktu, menggunakan suatu hal yang alami untuk mengganti hal modern yang biasa dilakukan memiliki manfaat dari segi biaya dan keramahan lingkungan. Setidaknya itulah yang bisa kita temukan dalam taman depan beberapa gedung pemerintahan kota Paris akhir-akhir ini. Pemerintah Perancis memilih domba sebagai salah satu metoda untuk pemangkasan rumpur yang ada di sekitaran gedung untuk mengganti mesin pemotong rumput yang tidak efisien dan ramah lingkungan.

Penggunaan Domba sebagai “alat” untuk memangkas rumput ini bukanlah merupakan suatu hal yang pertama kali dilakukan oleh pihak pemerintah kota Paris, sebelumnya pemerintah kota Paris sempat menggunakan   keledai sebagai salah satu alternatif dalam penggunaan hewan untuk memotong rumput. Namun setelah berlangsung beberapa penggunaan keledai dalam memotong rumput ini ternyata memiliki kendala dan kekurangan sehingga pemerintah perancis menggunakan hewan domba sebahai hewan yang cocok untuk memangkas rambut di beberapa taman yang berada di gedung-gedung pemerintahan kota Paris.

Domba yang digunakan sebagai alternatif dalam pemangkasan rumput secara alami di beberpaa gedung pemerintahan Paris tersebut adalah domba Ouessant yang merupakan sebuah jenis domba yang bretaon kecil yang cocok untuk tekstrur dan keadaan tempat rumput yang berbeda dengan rumput alami yang hidup diluar. Untuk pengadaan domba sebagai hewan yang akan memotong rumput secara alami tersebut memerlukan biaya sekitar 335 dollar AS, domba-domba tersebut menurut salah satu pejabat di kota Perancis merupakan sebuah rencana yang akan di proyeksikan untuk jangka waktu yang panjang, domba-domba yang ada sekarang di rencanakan akan bekerja untuk memangkas rumput untuk jangka waktu sampai dengan oktober mendatang.

Sementara untuk melindungi domba dari gangguang hwan lain seperti anjing yang mungkin akan ada disekitar gedung, pemerintah menggunakan pagar listrik untuk mengelilingi dan melindungi daerah berumput yang akan di bersihkan oleh domba. Sementara itu agar lebih menarik pemerintah kota Paris juga tidak akan menghalangi para penduduk dan masyarakat untuk melihat domba yang di pelihara di sekitar gedung tersebut, pemerintah membebaskan masyarakat untuk berekreasi dan melihat para domba bekerja memangkas rumput.

Selain bekerja dan diaplikasikan untuk halaman gedung pemerintahan kota Paris, domba-domba ini juga akan di aplikasikan di beberapa gedung penting yang ada dikota Perancis lainnya, kita lihat saja nanti apakah proyek ramah lingkungan ini akan menuai sukses dan mengurangi polusi di beberapa gedung perkantoran di perancis. Jika rencana berhasil sesuai dengan target maka bukan tidak mungkin berbagai gedung dan berbagai area yang membutuhkan pemotongan rumput akan menggunakan domba sebagai ‘alatnya’, sebuah alat pemotong rumput yang ramah lingkungan, alami dan bersahabat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*