Fakta Unik Dari Kopi Luwak

Kopi luwak memiliki rasa yang lebih nikmat dan istimewa jika dibandingkan dengan kopi – kopi pada umumnya. Bagi penikmat kopi harga mahal dari kopi luwak tidaklah menjadi masalah karena mereka membutuhkan kenikmatan rasa khas dari kopi luwak tersebut. Biji kopi yang dihasilkan dari bintang luwak atau musang ini mampu menciptakan citarasa khas dan disukai banyak penikmat kopi.

Uniknya yang dicerna hanyalah daging buahnya sementara, kulit dan biji dari kopi tersebut masih utuh. Pada zaman dahulu ceceran kopi yang dimakan oleh luwak ini dipunguti oleh penjaga perkebunan kopi kemudian disangrai dan ditumbuk kemudian diseduh dengan air panas layaknya membuat kopi pada umumnya, dan dari situlah ditemukan kopi dengan rasa sangat nikmat.

Mungkin beberapa orang masih bertanya–tanya mengapa rasa dari kopi luwak berbeda dan lebih enak dari kopi biasa. Pasalnya, bintang musang sangat gemar dan pintar dalam memilih buah kopi yang berkualitas baik dan masak. Kopi yang berwarna merah itu memiliki rasa manis sehingga luwak menyukainya karena kopi memang salah satu diantara banyak buah, yang menjadi makanan favorit luwak.

Bintanag ini mempunyai indera penciuman yang peka dan hanya dapat memilih buah kopi, yang benar–benar masak karena menyukai rasa manis dari daging buah kopi tersebut. Sehingga dalam memilih kopi luwak tidak akan memakan kopi yang masih berwarna hijau atau mentah.

Selain itu yang lebih unik adalah kopi yang keluar dari anus luwak masih dalam kondisi utuh tidak tercerna sama sekali. Hal ini disebabkan oleh luwak memiliki sistem pencernaan yang berbeda dengan binatang lain sehingga makanan keras seperti biji tidak dapat tercerna sehingga setelah dikeluarkan masih dalam kondisi utuh padahal sudah difermentasikan secara alami oleh sistem pencernaan didalam tubuh luwak.

Dengan demikian, rasa serta aroma kopi luwak akan sangat spesial dan sempurna. Sehingga membuat penikmat kopi selalu ketagihan untuk mengonsumsinya lagi dan lagi. Untuk mendapatkan luwak juga tidak mudah sehingga tidaklah heran jika kopi luwak memiliki harga yang sangat melambung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*