Fakta Unik Dari Semut

Semut merupakan binatang kecil yang sangat menjengkelkan karena hampir semua makanan selalu dikerumuni. Jika didalam rumah semut sering kali beradaptasi di ruangan dapur karena setiap hai selalu banyak masakan ataupun olahan makanan manis. Terdapat lebih dari 10.000 spesies semut yang terdapat didunia sehingga seringkali kita melihat semut dengan beberapa jenis dari kecil berwarna putih sampai besar dengan warga hitam atau merah.

Namun, dibalik kenakalan dan selalu menjengkelkan itu terdapat beberapa hal dari semut yang perlu diteladani oleh manusia. Salah satu tingkah lakunya yang perlu dicontoh adalah saling menghormati. perhatikanlah semu pada saat berjalan berderet deret kemudian berpapasan dengan semut lainnya pasti akan berhenti sejenak itu artinya mereka saling menyapa. Hal ini masih jarang dilakukan manusia karena beberapa orang hanya menyapa orang – orang yang dikenali saja.

Semut yang saling bedempetan pada saat bertemu dengan semut lainnya menandakan bahwa mereka memiliki jiwa sosialisai yang tinggi. Jika hal tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari–hari mungkin tidak ada yang namanya musuh karena bisa menjalin hubungan dengan baik. Semut adalah jenis hewan purba yang masih hidup sampai saat ini. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa keberadaan semut sejak periode Cretacous, kurang lebih 130.000.000 tahun silam.

Sehingga keberadaannya lebih dulu dibanding dengan dinosaurus. Mungkin tidak sedikit yang mengira jika semut tidak memiliki rangka karena memang tubuhnya sangat kecil. Padahal semut ini mempunyai rangka luar namun, tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Model kerangkanya hanya seperi baju besi yang berfungsi sebagai pelindung tubuh.

Semut hidup didalam sebuah koloni yang besar dimana didalam koloni tersebut terdapat pembagian tugas, yang diatur secara rapi antar anggota didalam koloni tersebut. Semut memiliki kebiasaan hidup yang saling menolong dan selalu bekerja sama.

Karena ketika mereka mendapatkan sebuah makanan selalu dibawa dengan bersama–sama mungkin kita sudah sering menyaksikan hal ini. Kemudian ketika salah satu diantaranya ada yang mati ataupun hewan lain mereka akan membawanya bersama–sama. Begitu mulianya semut yang tidak pernah serakah justru mengutamakan kebersamaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*