Gaji Pendiri Facebook Hanya 11 Ribu Rupiah Setahun

Mark Zuckerberg adalah pendiri facebook yang menurunkan gajinya sendiri menjadi US$ 1 atau hanya 11.300 rupiah. Menurunkan gaji untuk pekerjaannya di Facebook selama satu tahun sejak 2013 silam. Nilai gaji Mark Zuckerberg  di facebook berkurang sangat drastis ketika di bandingan dengan gajinya pada tahun 2012 sebesar US$ 503.205 jika dalam nilai rupiah sekitar Rp.6,7 miliar karena, pada saat itu Facebook memutuskan go publik.

Keputusan pendiri facebook dalam mengurangi gajinya hingga 99% ternyata hanya sebagai simbolis. Sebab, hal yang sama juga pernah dilakukan oleh pendiri Apple, serta pendiri duet Google. Mereka memutuskan untuk menurunkan gajinya setelah kekayaannya sudah berlimpah.

Pendiri facebook ini memang sudah memiliki kekayaan yang sangat melimpah. Sehingga tanpa digaji oleh facebookpun dirinya masih bisa hidup dengan nyaman. Karena, sampai saat ini jumlah kekayaan yang dimiliki Mark Zuckerberg mencapai US$ 27 miliar. Pendiri facebook ini juga masih memegang 61,6% saham facebook sebagai CEO. Dengan demikian Mark Zuckerberg sudah dapat dipastikan masih memiliki suara besar dalam memanajemen perusahaannya itu.

Jelas tidak ada masalah tentang perekonomian ketika pendiri facebook itu hanya mendapatkan gaji US$ 1 dalam setahun, katika harta kekayaannya masih melimpah ruah. Diusianya yang masih muda pendiri facebook ini sudah bisa sukses dan ditengah kesuksesannya dia membuat sebuah simbolis yaitu menurunkan gajinya hingga 99 persen menjadi lebih sedikit.

Ketika kekayaan Mark Zuckerberg dijumlah dengan saham yang dipegangnya yaitu US$ 3,3 juta membuat laki – laki muda dengan usia 22 tahun ini memasuki nominasi orang terkaya di dunia tepat di urutan ke 22. Mungkin membuat banyak orang kaget ketika pendiri facebook ini menurunkan gajinya.

Pada tahun 2013 lalu pendiri facebook bersama istrinya menyumbangkan sebagian hartanya yaitu 18 juta lembar saham facebook yang dimilikinya senilai US$1 miliar pada sebuah acara amal. Banyaknya pengguna facebook di dunia membuat Mark Zuckerberg mendapatkan penghasilan dalam jumlah banyak di setiap tahunnya. Dengan kekayaannya yang melimpah kini dirinya menurunkan gajinya dari facebook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*