Hal-Hal Yang Diperbolehkan Ketika Menjalankan Ibadah Puasa

Dalam menjalankan ibadah puasa, kita selalu dituntut untuk selalu menjalankan berbagai amalan baik. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan berkah dan rahmat Allah SWT. Bagi umat muslim yang mau menjalankan kebajikan maka Allah menjanjikan pahala berlipat ganda baginya, namun sebaliknya bagi mereka yang menodai kesucian bulan ramadhan sudah pasti ia akan mendapatkan dosa. Ada banyak sekali hal yang sampai saat ini masih menjadi perdebatan, hal ini mengenai beberapa hal yang katanya tidak boleh dilakukan ketika sedang menjalankan ibadah puasa, namun pada kenyataanya tetap boleh dilakukan. Untuk menjawab semua kebimbangan anda maka kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai hal tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang diperbolehkan ketika menjalankan ibadah puasa :

    1.Berkumur-kumur serta memasukkan air kedalam hidung. Pada dasarnya hal ini tidak akan membatalkan puasa asalkan tidak berlebihan. Berdasarkan kesepakatan para ulama hal ini memang tidak dilarang.

Hal-Hal Yang Diperbolehkan Ketika Menjalankan Ibadah Puasa1

    2.Melakukan bekam atau donor darah. Ketika kebanyakan orang menganggap bahwa melakukan donor darah atau bekam tidak diperbolehkan pada saat menjalankan ibadah puasa. Namun sebenarnya boleh saja asalkan tidak membuat tubuh kita lemas.

Hal-Hal Yang Diperbolehkan Ketika Menjalankan Ibadah Puasa2

    3.Mendapati waktu fajar ketika masih dalam keadaan junub. Bagi mereka yang bersetubuh dengan istrinya dan mendapati waktu fajar (shubuh) maka orang tersebut masih tetap diwajibkan untuk berpuasa dengan catatan mandi besar terlebih dahulu.

Hal-Hal Yang Diperbolehkan Ketika Menjalankan Ibadah Puasa3

    4.Melakukan siwak ketika berpuasa. Pada saat menjalankan ibadah puasa ada yang mengatakan bahwa melakukan siwak memiliki hukum makruh. Namun berdasarkan beberapa kesepakatan bersiwak ketika berpuasa tetap diperbolehkan.

Hal-Hal Yang Diperbolehkan Ketika Menjalankan Ibadah Puasa4

    5.Bercumbu dengan istri asalkan aman dari keluarnya mani. Bagi mereka yang sudah memiliki istri atau suami maka tetap diperbolehkan untuk bercumbu ketika berpuasa. Yang pasti pada saat bercumbu terhindar dari keluarnya mani dan perbuatan lain yang dapat membatalkan puasa.

Hal-Hal Yang Diperbolehkan Ketika Menjalankan Ibadah Puasa5

    6.Mandi dan menyiram kepala agar terasa segar. Ada beberapa pendapat mengatakan bahwa mandi dan menyiram kepala menggunakan air pada saat berpuasa tidak diperbolehkan. Namun sebenarnya hal ini boleh saja asalkan tidak masuk dalam telinga atau lubang lain yang dapat membatalkan puasa.

Hal-Hal Yang Diperbolehkan Ketika Menjalankan Ibadah Puasa6

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*