Hewan Prasejarah yang Masih Hidup Sampai Saat Ini

Nautilus merupakan hewan laut yang masih satu family dengan cumi-cumi dan cephalopoda.  Sekilas bentuknya memang mirip cumi-cumi, namun terkadang terlihat pula seperti ubur-ubur dengan jurai-jurai di bagian kepalanya. Siapa sangka bila Nautilus adalah jenis hewan prasejarah yang telah berusia lebih dari 500 tahun yang lalu. Sampai sekarang ia bisa ditemukan di wilayah perairan Indo Pasifik.

Sesuai namanya, Belangas merupakan hewan berbentuk mirip kepiting. Hidupnya pun bisa di dua alam yakni daratan dan perairan. Jenis ini sudah ada sejak 445 tahun yang lalu.  Peneliti meyakini bahwa usia Belangas hingga sekarang ini lebih tua dari usia dinosaurus.

Tidak berlebihan memang bila ia disebut ikan raja laut. Sebab ukurannya memang terbilang besar dan membuat takut ikan-ikan kecil di dalam laut. Selain bentuknya agak menyeramkan, hewan prasejarah yang masih hidup ini telah berusia 360 tahun dan dilengkapi dengan duri di di pinggir tubuhnya. Jadi bila Anda menemukannya saat menyelam di laut, sebaiknya tidak mendekat dengannya.

Salah satu hewan prasejarah yang masih dapat ditemukan di Indonesia adalah Komodo. Komodo termasuk jenis reptil serupa kadal raksasa. Panjang tubuhnya bisa mencapia lebih dari 3 meter. Sedangkan bobotnya mencapai 166 kilogram. Ia pun termasuk hewan yang sulit beradaptasi dengan lingkungan baru dan hanya dapat hidup di pulau Komodo sebagai habitat aslinya

Semut Martialis baru ditemukan beberapa waktu belakangan ini di belantara Amazon. Semut ini memiliki warna tubuh cokelat terang / cream dengan bulu-bulu halus di tubuhnya. Saat terancam ia akan menyerang manusia bersama koloni-koloninya.   

Demikian beberapa jenis hewan prasejarah yang masih hidup hingga detik ini. Semoga keberadaan mereka bisa dilestarikan dengan baik.

Baca juga seputar tentang hewan langka lainnya di 6 Hewan Paling Langka Di Dunia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*