Hindari Minuman atau Makanan Bersantan Saat Sahur

Ada beberapa orang yang menganggap bahwa sahur harus makan makanan dengan porsi besar. Katanya hal ini bertujuan agar puasa keesokan harinya kuat dan tidak lemas. Eits, jangan salah ! Sebenarnya makan secara berlebihan ketika sahur hanya akan membuat kita lemas dan mudah mengantuk.

Apalagi jika jenis makanan atau minuman yang anda konsumsi mengandung santan, selain menyebabkan dahaga ketika keesokan harinya santan juga sangat tinggi lemak yang mampu menyebabkan kadar kolestrol dalam tubuh semakin naik. Santan sendiri dianjurkan agar dikonsumsi tak lebih dari jam 9 malam. Jumlahnya pun tidak boleh terlalu berlebihan. Bagi anda yang sudah terbiasa mengkonsumsi makanan atau minuman bersantan maka harap untuk menguranginya.

Tubuh kita memang memerlukan lemak untuk menambah tenaga. Namun jumlah yang dibutuhkan tidaklah terlalu banyak. Terlebih jika anda sering mengkonsumsi makanan berserat dan berprotein tinggi sudah pasti lemak-lemak yang ada dalam santan tidak perlu dikonsumsi lagi. Santan memiliki tekstur kental dengan balutan rasa gurih.

Bagi siapa saja yang mencicipi untuk campuran makanan atau minuman sudah pasti sangat terpikat. Namun jika anda mengetahui hal-hal buruk yang dihasilkan terlebih pada saat bulan puasa maka anda bisa sedikit menguranginya. Mulai saat ini anda harus lebih banyak minum atau makan makanan yang memiliki sedikit kandungan santan. Untuk minum kita sangat dianjurkan untuk minum air putih sebanyak-banyaknya.

Ganti minuman bersantan dengan air putih saat sahur ! Hal ini memang harus anda terapkan dalam lingkungan keluarga anda. Bagi anda para ibu sudah pasti anda ingin menyajikan makanan yang sehat bagi suami maupun buah hati anda bukan ? Untuk itu pilihlah makanan yang baik untuk kesehatan dengan tidak terlalu banyak melibatkan santan dalam jenis minuman atau makanan yang anda buat.

Boleh saja menggunakan santan asalkan tidak terlalu berlebihan. Untuk sahur sendiri akan jauh lebih baik jika mengkonsumsi air putih dengan jumlah banyak. Hal ini akan membuat cadangan cairan yang ada dalam tubuh tidak mudah habis. Kegiatan sehari-hari yang menguras tenaga sudah pasti akan membuat cairan dalam tubuh mudah hilang. Untuk itu beberapa ahli kesehatan menyarankan kita minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*