Ini Dia Pengecualian Bagi Umat Muslim Saat Ramadhan

Sebentar lagi kita akan segera menjalankan ibadah puasa, tak terasa hanya kurang beberapa hari lagi. Kita akan segera menikmati bulan ini dengan suka cita dan kebahagiaan. Untuk menyambut datangnya bulan ramadhan kita memang diharuskan untuk segera berbenah diri. Lebih mendekatkan diri pada Allah sehingga pada bulan suci kita dapat melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya.

Saat ramadhan semua umat muslim memang diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa namun ada satu pengecualian. Dimana bagi mereka wanita hamil, orang yang secara mental atau fisik sedang mengalami gangguan sakit atau wanita yang sedang menyusui. Bagi mereka puasa bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan. Namun mereka tetap wajib untuk menggantinya pada hari lain.

Wanita hamil dan sedang menyusui sudah pasti tidak diwajibkan berpuasa pada bulan ramadhan karena berada dalam masa yang membutuhkan banyak nutrisi. Janin yang ada dalam kandungan tidak akan mungkin dapat sehat jika sang ibu tidak memberinya nutrisi secara tepat dan rutin. Bisa kita bayangkan apabila seorang ibu hamil menjalankan ibadah puasa.

Sudah pasti janin yang ada dalam kandungan kurang sehat karena tidak ada nutrisi yang masuk. Untuk itu beberapa hadist menyebutkan bahwa ibadah puasa bisa menjadi pengecualian bagi  ibu hamil maupun sedang menyusui. Bagi manusia yang berada dalam kondisi fisik maupun mental kurang baik juga tidak diwajibkan menjalankan ibadah puasa.

Pasalnya orang yang sedang sakit jika tidak mengonsumsi makanan yang bergizi dan teratur sudah pasti akan lebih sakit lagi. Sehingga bagi mereka yang sakit boleh saja untuk meninggalkan ibadah puasa namun harus tetap menggantinya  di hari yang lain. Sedangkan bagi mereka yang berada dalam kondisi mental kurang baik maka sudah pasti tidak boleh puasa.

Syarat syah puasa adalah sehat secara jasmani dan rohani sehingga sudah dapat dipastikan bahwa mereka yang sedang mengalami gangguan rohani tidak diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa. Semoga sedikit ulasan yang kami berikan ini dapat menambah wawasan anda. Dan semoga ibadah puasa kita tahun ini dapat diterima oleh Allah SWT.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*