Makanan Yang Baik Untuk Sahur pada Bulan Ramadhan

Banyak sekali umat muslim yang terkadang tak memperhatikan menu sahur yang mereka konsumsi. Padahal menu sahur sendiri punya banyak sekali pengaruh energy pada saat melakukan  kegiatan sehari-hari. Meskipun menjalankan puasa, sebagian besar orang akan tetap bekerja. Hal ini sudah pasti memerlukan asupan air dan energy yang cukup.

Kebanyakan orang memiliki kecenderungan makan berlebih ketika bulan puasa. Terlebih hidangan yang terdapat pada bulan puasa biasanya dibuat lengkap dan sangat istimewa. Padahal hidangan yang nikmat tersebut belum tentu memiliki gizi seimbang. Selain dapat menyebabkan mengantuk, makanan yang kurang seimbang akan menyebabkan kolesterol semakin melonjak.

Nah, untuk menghindari masalah tersebut kami akan memberikan info tentang menu makan sahur yang baik untuk dikonsumsi. Saat anda sahur lebih baik mengutamakan untuk memberikan asupan air/minuman yang sangat cukup terutama air putih. Air putih sendiri akan mencukupi kebutuhan cairan yang ada dalam tubuh.

Jangan minum kopi, teh atau minuman yang mengandung zat diuretic. Terkadang banyak orang beranggapan bahwa kopi mampu menyegarkan badan. Namun hal tersebut hanya memberikan efek tak lebih dari 2 jam, selebihnya hal tersebut hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan.  Lambung akan terasa pedih karena kandungan asam yang ada dalam kopi yang tinggi.

Perbanyaklah makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi. Hal ini akan menghindarkan anda dari konstipasi atau sembelit selama menjalankan puasa. Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi dan pedas. Usahakan melakukan sholat subuh sebelum tidur. Hal ini sudah pasti menghindari penumpukan lemak setalah makan sahur.

Pada saat makanan diolah menjadi energy jika digunakan untuk tidur semuanya akan terbuang sia-sia dan hanya akan berubah menjadi lemak. Menu utama yang sangat baik untuk sahur adalah nasi merah, ubi, spaghetti, atau bubur kacang hijau. Jenis karbohidrat ini memang sangat baik dan tahan lama bahkan mampu untuk membuat gula darah lebih stabil lagi. Semoga sedikit ulasan tentang menu makan sahur yang sehat ini dapat menambah dan memacu ibadah puasa anda lebih baik lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*