Maraknya Mudik Gratis Di Tahun 2013

Mudik selalu menjadi perhatian para awak media ketika bulan ramadhan tiba dan menjelang hari raya. Mudik juga menjadi hal yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Mengingat banyaknya kendaraan yang memadati beberapa ruas jalan di berbagai kota di Indonesia, acara mudik selalu menjadi acara yang mengasyikkan.

Walaupun mereka harus melalui jalan dengan kemacetan yang luar biasa dan juga dengan jumlah waktu perjalanan yang tidak seperti biasanya. Misanya waktu tempuh yang biasa dilewati hanya sekitar tiga jam perjalanan. Tapi selama mudik berlangsung, waktu tempuh bisa lebih lama menjadi lebih dari sepuluh jam.

Jumlah waktu tempuh tersebut biasanya tergantung pada kondisi jalan raya. Acara mudik gratis yang diselenggarakan oleh sejumlah pihak ini sudah disosialisasikan dari jauh hari. Bahkan mentri perhubungan juga sudah menjelaskan beberapa instalasi pemerintah yang juga ikut menyelenggarakan program mudik gratis ini sudah melakukan program tersebut dengan baik. Bahkan mereka gencar melakukan sosialisasi mudik ini di berbagai tempat yang memungkinkan pemudik mengetahui acara atau program mudik gratis tersebut.

Tapi tetap saja, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui program mudik gratis tersebut sehingga masih banyak juga pemudik yang ketinggalan info. Padahal sosialisasi tersebut sudah dilakukan dari jauh hari. Tapi mungkin cara sosialisasinya yang berbeda-beda sehingga memungkinkan pemudik bisa ketinggalan info tersebut.Atau ada juga program mudik gratis yang menggunakan jalur kereta api, tapi ada banyak pemudik yang ternyata sudah membeli tiket jauh sebelum sosialisasi mengenai program mudik gratis tersebut diumumkan.

Sehingga terpaksa mereka tidak dapat mengikuti program mudik gratis tersebut. Mentri perhubungan pun mengakui, padahal sosialisasi program mudik tersebut sudah dilakukan dari sekitar dua bulan sebelum bulan ramadhan tiba. Tapi ternyata masih banyak juga orang yang ketinggalan info mudik gratis tersebut.

Tapi mentri perhubungan tersebut juga membenarkan berita tentang tempat pendaftaran untuk program mudik gratis tersebut juga belum familiar atau belum banyak dikenal oleh masyarakat. Sehingga tidak heran jika mereka malah tidak mengetahui ada info mudik gratis.

Hal itu juga menjadi salah satu penyebab mengapa sosialisasi program mudik gratis belum berjalan dengan baik. Padahal dinas perhubungan laut, udara dan darat semua sudah diberi info mengenai program mudik gratis tersebut. Tapi masih saja ada yang ketinggalan.

Tahun depan, akan diberlakukan sosialisasi mengenai media yang sedang marak digunakan yaitu internet untuk menambah informasi yang mudah diketahui oleh orang-orang yang akan pergi mudik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*