Masjid Tertua Di Pulau Jawa

Masjid tertua di pulau Jawa berlokasi di Kabupaten Demak, Desa Gelagah, provinsi Jawa Tengah. Ketika umat muslim berwisata religi selalu berkunjung ke masjid ini. Masjid Agung Demak dibangun pada tahun 1478 oleh Walisongo pada saat pemerintahan Sultan Fatah.

Karena itu nilai sejarah masjid ini sangat tinggi terkait dengan Walisongo yang menggunakan masjid ini sebagai tempat berdiskusi mengenai penyebaran agama islam di pulau tanah air khususnya pulau Jawa. Masjid tertua di pulau Jawa ini memiliki arsitektur khas dengn bangunan kayu jati sebagai bahan utama dalam berdiri kokohnya Masjid Agung ini. Atapnya memiliki bentuk limas yang bersusun 3 dan mengecil hingga ke arah atas.

Makna 3 atap berbentuk limas tersebut merupakan iman islam dan ihsan. Pintu penghubung atar ruangan berjumlah 5 buah menandakan jumlah rukun islam. Sementara jendela yang berjumlah 6 buah itu menjadi tanda rukun iman didalam islam. Bangunan Masjid tertua ini memiliki luas yang berukuran 31 x 31 m2. Disamping bangunan utama juga terdapat serambi yang cukup luas dimana ada sebuah bedug dengan ukuran cukup besar.

Sementara di sebelah utara terdapat kompleks makam dari anggota keluarga kerajaan Demak. Masjid Agung Demak mempunyai peranan penting dalam penyebaran agama islam di Pulau Jawa. Tercatat 4 Sunan yang ikut berperan dalam pembangunan Masjid Demak ini diantaranya, Sunan Bonang, Sunan Kalijaga, Sunan Ampel, dan Sunan Gunung Jati. Selain itu, di kompleks Masjid Agung Demak yang berisi berbagai hal mengenai perkembangan Masjid dari waktu ke waktu.

Kunjungan ke Masjid Agung Demak semakin berkesan ketika anda berkunjung pada saat bulan Ramadhan. Karena pada bulan suci Ramadhan berbagai acara menarik seperti selametan tumpeng songo, pesta rakyat, serta pasar malam yang digelar dengan berbagai ritual adat dari masyarakat. Masjid Agung Demak ini terletak di pusat kota Demak dan dapat dicapai dengan berkendaraan sejauh 25 km dari kota Semarang. Sementara dari kota Jepara berjarak kurang lebih 35 km.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*