Mengapa Bahaya Asap Rokok Harus Lebih Diwaspadai

Asap rokok adalah bahaya yang harus dihindari, baik oleh perokok aktif maupun perokok pasif. Asap rokok memiliki tingkat bahaya bagi keduanya karena didalamnya terkandung banyak sekali zat zat berupa racun yang bisa membahayakan kesehatan kita. Hal itulah yang membuat pemerintah beberapa waktu lalu mengeluarkan sebuah peraturan untuk perokok aktif agar melakukan kegiatan merokoknya di tempat tempat khusus yang telah ditentukan.

Namun, hadirnya peraturan tersebut tidak membuat para perokok aktif memperhatikan dan menurutinya dengan baik, buktinya masih banyak ditemukan orang orang yang merokok di tempat umum atau di tempat keramaian yang banyak orang. Hal tersebut mungkin karena kekurang tahuan perokok tersebut akan bahaya asap rokok yang dihasilkan dari kegiatan merokoknya.

Berdasarka hal tersebut, maka kali ini akan kita ulas sedikit tentang bahaya asap rokok agar menjadi pengetahuan kita bersama, yang selanjutnya membuat kita semakin memperhatikan dan menyiasati kegiatan merokok kita.

1.       Asap rokok yang dikeluarkan perokok aktif lebih berbahaya daripada asap dari rokok itu sendiri

Saat seseorang merokok, maka dia akan menghisap asap dari bagian belakang rokok kemudian memasukkannya ke tenggorokan hingga paru paru. Tetapi, tidak lama kemudian asap tersebut dikeluarkan kembali. Jadi, tingkat racun atau peluang bahaya dari asap rokok tersebut kalau dipersentasekan hanya 25% yang dihisap oleh perokok aktif, sedangkan sisanya yang 75% dikeluarkan untuk dikonsumsi dan dihisap oleh perokok pasidf yang berada di sekitarnya.

2.       Perokok aktif menghisap asap yang terfilter, sedangkan perokok pasif tidak

Kebanyakan perokok menghisap rokok jenis filter, hal ini membuat perokok aktif menghisap asap rokok yang telah terfilter oleh filter yang berada di ujung rokok. Namun, setelah memasuki paru paru dan dikeluarkan kembali, asap tersebut membawa racun dan zat yang lebih membayakan, yang jika dihisap oleh siapapun akan cukup membahayakan, termasuk oleh perokok aktif itu sendiri.

Mengingat bahaya asap rokok yang peluang bahayanya lebih banyak dimiliki oleh perokok aktif, kita sebagai perokok aktiif harus bisa mengetahui situasi dan kondisi yang tepat untuk melakukannya. Dan untuk perokok pasif, tidak perlu malu untuk menegur atau mengingatkan perokok aktif tentang tindakannya yang membahayakan tersebut.

Sebetulnya untuk memberantas kegiatan merokok itu gampang! Cukup dengan menerapkan peraturan larangan merokok dan memberantas pabrik yang memproduksinya. Hanya saja banyak pihak pihak yang berkepentingan untuk mendapatkan keuntungan dari rokok yang akan gulung tikar jika rokok betul betul dilarang atau diberantas. Itulah sebabnya sampai saat ini rokok masih merajalela walaupun banyak orang mengetahui akan bahaya yang diakibatkannya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*