Mengurangi Resiko Pikun Dengan Tertawa

Semakin bertambahnya usia artinya kita semakin tua dan berbagai perubahan terjadi. Salah satunya menurunnya daya ingat atau kepikunan akan terjadi. Namun ternyata resiko kepikunan ini bisa diatasi secara mudah yaitu dengan memperbanyak tertawa. Mungkin tidak pernah menyangka jika tertawa mampu mengurangi resiko pikun seiring dengan bertambahnya usia. Banyak tertawa bisa membantu mengurangi resiko PIKUN ini menjadi hal baru yang perlu diketahui secara pasti.

Mungkin, beberapa diantara kita belum percaya jika dengan tertawa resiko pikun bisa berkurang. Selain itu sering tertawa juga membuat kita lebih awet muda karena kondisi kulit wajah juga dipengaruhi dengan kondisi mood seseorang. Jika setiap hari marah – marah pasti cepat tua berbeda dengan setiap hari tertawa akan tampak awet muda asalkan tidak tertawa sendiri.

Tertawa dipercaya mampu mengurangi resiko pikun pasalnya sebuah penelitian membuktikan bahwa, tertawa itu mampu mengurangi stres didalam diri seseorang. Tertawa mampu menurunkan produksi zat kimia yang disebut kortisol, dimana efeknya akan menyebabkan penurunan atau hilangnya neuron hippocampal.

Ingatan manusia akan bekerja lebih baik ketika otaknya tidak stres. Tertawa juga mampu membantu terlepasnya endorfin dan dopamin pada otak yang menimbulkan rasa senang dan gembira. Hal tersebut akan menyebabkan perubahan pada kinerja otak dan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik.

Sehingga bagi anda yang sudah memasuki usia 40 tahun banyak-banyaklah tertawa supaya tidak menjadi pelupa. Ketika daya ingat kita menurun mungkin akan membuat kita merasa jengkel karena menaruh sesuatu saja sudah lupa.

Selain itu banyak tertawa juga sangat baik untuk dilakukan oleh seseorang yang rentan mengelami stres. Ternyata stres tidak hanya membuat seseorang menjadi cepat tua namun ternyata juga membuat seseorang menjadi pikun. Dengan demikian bagi anda yang sering stres dan tidak ingin pikun terlalu parah diusia senja sebaiknya banyak – banyaklah  tertawa dari saat ini. Tidak sedikit hal yang bisa membuat kita tetap tertawa sehingga untuk melakukan hal ini sangatlah mudah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*