Menikmati Pemandangan “Afrika” di Jawa Timur

Jika Anda sering menonton acara-acara televisi tentang satwa di Afrika, Anda pasti tahu bahwa pemandangan alam bebas disana sangat berbeda dengan di Indonesia. Sebagian besar kawasan di Afrika, entah tepatnya di bagian mana, yang sering diliput dalam acara-acara televisi tentang satwa, didominasi oleh padang savana yang luas. Ternyata, untuk menikmati pemandangan semacam itu, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Afrika. Di daerah Jawa Timur, ada taman nasional yang menawarkan pemandangan unik, yaitu hamparan padang savana yang luas, yang akan membuat Anda merasa seakan-akan sedang berada di Afrika.

Untuk menikmati nuansa Afrika dengan hamparan padang savana yang luas, Anda harus berkunjung ke Taman Nasional Baluran, yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa timur. Kondisi alam di taman nasional ini didominasi oleh kawasan savana yang luas. Ini sangat berbeda dengan hutan dan taman nasional lainnya yang ada di Indonesia, yang sebagian besar adalah hutan tropis. Tapi memang, pemandangan ala Afrika dengan rumput yang mengering dan tanah yang tandus hanya dapat Anda nikmati saat musim kemarau saja. Pada saat musim hujan, kawasan taman nasional ini menjadi lautan rumput hijau yang cukup tinggi.

Jika Anda berkunjung ke Taman Nasional Baluran, Anda dapat mengamati kehidupan satwa di alam bebas. Taman nasional ini memiliki koleksi satwa yang cukup banyak, seperti banteng, macan tutul, kijang, kancil, rusa, kucing bakau, kerbau liar, burung elang, kera, dan masih banyak lagi. Anda dapat melihat rombongan banteng yang berjalan melewati sungai, kawanan rusa yang sedang mencari makan, dan pemandangan lain seperti di film dokumenter. Bahkan, di taman nasional ini, ada beberapa jenis hewan yang masih liar dan hidup secara alami di habitat mereka. Contohnya, di taman nasional ini, ada hewan-hewan yang hidup dengan berburu dan memakan hewan-hewan lainnya, persis seperti di tempat-tempat yang belum terjamah oleh peradaban manusia.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan alam bebas ala Afrika dalam waktu yang cukup lama, mungkin satu atau dua hari, Anda dapat menginap di Taman Nasional Baluran. Taman nasional ini menyediakan penginapan dengan nuansa yang unik. Dari penginapan ini, Anda dapat menikmati indahnya hamparan savana, dan melihat aktivitas hewan-hewan di habitatnya. Biasanya, ada rombongan kera yang datang mendekati penginapan karena mereka tertarik oleh makanan yang dibawa oleh para pengunjung yang menginap.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*