Menyambut Bulan Ramadhan Dengan Syukuran

Tahukah anda bahwa masyarakat Indonesia sebentar lagi akan menyambut datangnya bulan ramadhan. Salah satu kegiatan yang sudah menjadi tradisi rutin masyarakat Indonesia sebelum menjalankan ibadah puasa adalah syukuran. Syukuran dilakukan untuk mengucapkan puji syukur atas nikmat, karunia dan kesempatan Allah SWT sehingga dapat  merasakan indahnya bulan ramadhan.

Selain itu bagi mereka yang memiliki keluarga  yang telah meninggal dunia, momen ini sangat tepat untuk digunakan sebagai kegiatan doa bersama, memohonkan ampun kepada Allah atas segala kesalahan yang telah dilakukan selama di dunia. Berbagai daerah di Indonesia memang memiliki kegiatan yang hampir mirip namun tak semuanya melakukan tradisi syukuran. Ada yang percaya bahwa syukuran akan memberikan rejeki yang lebih terbuka lebar. Terlebih saat bulan puasa maupun hari raya idul fitri.

Syukuran biasanya dilakukan di rumah atau di masjid. Dengan membawa nasi tumpeng, masyarakat Indonesia berbondong-bondong pergi ke masjid untuk melakukan doa bersama. Setelah selesai berdoa mereka akan membagikan kembali nasi tumpeng tersebut.

Dan biasanya agar lebih afdhol makanan tersebut ditukar dengan milik orang lain. Inilah sebuah tradisi yang hingga saat ini masih lekat di masyarakat Indonesia khususnya daerah pedesaan. Bagi mereka yang masih memegang teguh tradisi ini sudah pasti akan selalu mejadikannya sebagai kegiatan rutin ketika ramadhan tiba.

Jenis makanan yang ada dalam nasi tumpeng tersebut biasanya berisi nasi putih atau nasi kuning, lauk pauk seperti ayam bumbu, sambal goreng, serundeng (kelapa parut yang disangrai), telur, mie goreng atau bisa juga lalapan. Sebenarnya untuk makanan itu sendiri tergantung dari pribadinya masing-masing. Tergantung selera dan keinginan seseorang. Tidak ada kewajiban bagi seseorang untuk menggunakan menu tumpeng yang ditetapkan. Nah, jika di beberapa daerah tersebut menyambut ramadhan dengan kegiatan syukuran.

Lalu bagaimana dengan tradisi yang ada di lingkungan anda ? Jika tidak ada kegiatan-kegiatan yang demikian maka anda bisa menyambutnya dengan kegiatan yang berasal dari ide anda sendiri. Asalkan ide tersebut mengarah pada kegiatan yang positif dan sesuai dengan syariat agama islam. Semoga sedikit info yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi anda dan semoga ibadah puasa kita tahun ini dapat diterima oleh Allah SWT.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*