Meteor Lyrid akan muncul malam ini ?

The Lyrids atau meteor lyrid ialah hujan meteor yang biasa muncul setiap tahun. Hujan meteor ini diperkirakan akan berlangsung sejak malam ini hingga beberapa hari ke depan. “hujan meteor ini akan terlihat dari 16 April hingga 26 April. Sementara puncaknya berada pada hari minggu 21 April dan Senin 22 April. Diperkirakan lyrids yang akan terlihat rata-rata 10 sampai 20 meteor per jam, dan memiliki potensi melebihi rata-rata tersebut.” Ujar Mark Paquette dari AccuWeather Meteorogist’s.

“sungguh lyrids ini tidak bisa diprediksi, kadang-kadang lyrid memiliki “lonjakan” yang bisa menebus angka 100 meteor per jam.” Kata Paquette.

Paquette menjelaskan bahwa lyrids itu adalah sebuah nama untuk lokasi mereka di dalam rasi Lyra. Lyrids itu sendiri adalah debu atau puing-puing dari ekor komet Thatcher atau yang dikenal dengan kode 1860 I, yang terlewati oleh Bumi pada saat sedang berputar di orbitnya. Meteor sebenarnya adalah beberapa penggalan dari ekor komet, yang biasanya memiliki ukuran tidak lebih dari butiran pasir, dan biasanya menyerang atmosfer Bumi pada kecepatan 49 kilometer per jam. Ketika meteor tersebut menabrak atmosfer Bumi, meteor tersebut hancur dan terlihat seperti sekilas cahaya yang melintas.

Meteor lyrid ini termasuk dalam kategori meteor sedang, karena hanya sedikit yang berpindah tempat atau terlihat seperti bintang jatuh. Meteor ini biasanya seterang bintang-bintang di langit, dengan kata lain memiliki pencahayaan yang lumayan bagus. Namun meteor tersebut memiliki potensi untuk lebih terang dari bintang-bintang biasanya, bahkan bisa lebih terang dari planet Venus.

Meteor lyrid berada dekat dengan bintang Vega, bintang yang paling terang di dalam rasi Lyra. Pada saat subuh lah waktu yang paling tepat untuk menyaksikan meteor ini. Karena pada saat subuh lyrids mendekati bintang Vega. Pada saat senja, lyrids terlihat di kaki langit, namun masih belum terlalu nampak karena masih kurangnya pencahayaan.

Di beberapa negara akan nampak jelas terlihat meteor-meteor tersebut. Namun ada juga yang tidak bisa melihat dikarenakan awan yang menutupi langit-langit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*