Mudik Sebagai Tradisi Unik di Indonesia

Saat lebaran tiba, kata mudik mungkin sangat populer di telinga anda. Bagi anda yang yang merantau di ibukota pasti akan sangat menantikan moment – moment mudik ini untuk sekedar melepas rindu bersama sanak saudara di kampung halaman. Maka tidak heran jika mudik sebagai tradisi unik di Indonesia bukan hanya milik masyarakat yang berkantong tebal yang bisa melakukan perjalanan jauh dengan nyaman namun berlaku juga untuk berbagai kalangan masyarakat  pinggiran yang mengadu nasib di ibukota.

Setiap tahunnya, begitu banyak pemudik yang pergi ke kampung halamannya. Alat transportasi yang digunakannya pun berbeda beda. Ada yang menggunakan mobil pribadi, kendaraan bermotor, bus, hingga kereta api yang murah meriah. Meskipun harus berdesak – desakan, masyarakat tetap antusias untuk sampai dengan selamat ke kampung halaman masing – masing karena moment mudik merupakan moment berharga yang tidak datang sebulan sekali namun setahun lamanya sehingga mereka memanfaatkan benar moment mudik lebaran untuk pulang ke kampung halaman.

 Namun jangan hanya karena terlalu antusias menuju kampung halaman untuk bertemu keluarga kita lalai akan beberapa hal yang perlu diperhatikan, dalam musim mudik seperti itu, banyak resiko yang harus anda alami. Mulai dari rawannya kecelakaan lalu lintas jika anda menggunakan kendaraan pribadi, meningkatnya resiko kejahatan dan pencopetan, hingga ketidaknyamanan diperjalanan karena berdesakan dengan penumpang lain jika anda menggunakan kendaraan umum.

Dari segi keuangan pun memang lumayan banyak yang harus anda keluarkan. Biaya perjalanan mudik memang tidak bisa dianggap kecil karena anda harus memperhatikan biaya bensin / atau tiket, biaya makan selama diperjalanan, hingga biaya yang harus anda sediakan untuk sanak saudara di rumah. Namun perlu diperhatikan juga bahwa anda harus menyisihkan biaya tak terduga jika suatu ketika anda mengalami kejadian yang tidak diinginkan selama diperjalanan.

Tradisi mudik mungkin bagi orang luar negeri atau para wisatawan sangat menyebalkan, menyiksa dan bahkan pengalaman yang membuat trauma. Namun bagi para pemudik, itu adalah suatu hal yang sudha menjadi tradisi saat mudik. Jika tidak mengalami kemacetan, mudik rasanya jurang bermakna. Mudik yang penuh dengan kemacetan dan desak – desakan bida dilalui dan menjadi sebuah cerita yang sangat menarik juga sulit dilupakan sehingga sudah menjadi tradisi unik tersendiri yang selalu datang di tiap tahun. Namun dari semua serba-serbi mudik yang menarik, yang terpenting yang harus dilakukan adalah bagaimana anda bisa mengatur diri agar tetap nyaman dan aman selama berada diperjalanan menuju kampung halaman tercinta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*