Pempek Palembang Kebanjiran Permintaan Ekspor

Pempek adalah salah satu jenis kuliner asli Sumatera Selatan khususnya kota Palembang. Siapapun sudah pasti akan terpikat dengan kelezatan dari kuliner yang satu ini. Makanan dengan bahan dasar sagu ini memang kini sudah mulai mendunia. Bahkan saat ini permintaan pengiriman pempek keluar negeri mencapai kurang lebih 3 ton perharinya.

Seringnya kegiatan besar yang digelar oleh pemerintah provinsi Sumatera Selatan dan memperkenalkan Pempek dikancah Internasional memang menjadi keuntungan tersendiri bagi pengusaha Pempek kota Palembang. Hal ini tentu saja patut untuk menjadi bahan pertimbangan sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Kini pempek tak hanya terkenal di dalam negeri namun juga terkenal hingga mancanegara.

Peminat dari kuliner Palembang ini memang semakin hari semakin banyak. Untuk pengiriman dalam negeri saja sangat banyak. Apalagi jika bersamaan dengan kegiatan perayaan hari besar maka perminataan pempek dalam negeri dan luar negeri mencapai 6 ton perhari. Banjirnya permintaan Pempek yang ada di Sumsel otomatis menambah pendapatan pengusaha local Sumsel. Bahkan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin sangat senang dengan adanya kemajuan ini. Selain Pempek yang menjadi kuliner yang dicintai mancanegara Sumsel juga punya ciri khas Tenun Songket yang banyak diminati masyarakat baik dalam negeri maupun mancanegara.

Peluang bisnis yang dapat kita jadikan cerminan dari kota Palembang Sumatera Selatan memang sangat banyak. Selain dari dunia kuliner ada dunia fashion tradisional yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Pada umumnya perkembangan usaha kuliner Pempek tak hanya berdampak baik bagi pemerintah maupun pengusaha local itu sendiri. Namun para nelayan juga merasakan imbas baik dari banyaknya permintaan bahan baku ikan laut dalam pembuatan Pempek.

Sebagai salah satu makanan yang sudah dikenal masyarakat dunia otomatis para pengusaha local ini harus tetap menjaga kualitas dari jenis makanan ini. Peran pemerintah untuk mendukung usaha ini juga sudah pasti sangat dibutuhkan, selain bantuan modal pemerintah juga wajib memperkenalkan dan mempromosikan Pempek ini terus menerus.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*