Permainan Tradisional yang Semakin Jarang Dimainkan

Sebagai warga negara Indonesia asli, tentu saja kita mengetahui permainan asli Indonesia. Mulai dari kelereng, gundu, keneker, kelici, dan guli. Mungkin anda sudah lupa atau bahkan tak pernah mengenal jenis permainan yang dulu seringkali dimainkan oleh anak-anak. Namun sayangnya permainan ini sudah sangat jarang dimainkan, bahkan sudah banyak yang tak mengetahuinya.

Jika dulu kita lihat anak-anak sekitar umur 5-12 tahun memainkan diantara permainan itu ketika sore atau hari libur, maka saat ini tak ada yang tertarik untuk memainkannya. Mereka jauh lebih memilih memainkan game, playstation atau mengotak atik gadget. Perkembangan teknologi yang semakin maju memang membuat banyak anak merasa harus diperkenalkan dengan dunia gadget.

Namun tak selamanya hal tersebut benar, memang perkembangan teknologi inilah yang menuntut kita untuk bisa mengerti hal ini. Namun bukan berarti anak-anak Indonesia harus lupa dengan permainan yang pas dengan umur mereka. Dampak dari teknologi yang satu ini memang kurang baik untuk anak-anak.

Perhatian khusus memang seharusnya mulai dilakukan oleh para orangtua. Dimana mereka tak boleh membiarkan anak-anak untuk melakukan permainan yang belum sewajarnya mereka lakukan. Boleh saja belajar teknologi namun hal ini tak boleh menjadi sebuah hal yang wajib atau harus. Permainan tradisional yang dulu kita kenal kini jarang sekali disentuh oleh anak-anak. Mereka merasa enggan untuk memainkan beberapa permainan asli Indonesia ini. Mereka mengaku itu adalah permainan jadul dan tak gaul untuk dimainkan di jaman globalisasi seperti ini.

Peran pemerintah dalam hal ini juga sebenarnya sangat berpengaruh. Pengenalan teknologi kepada masyarakat khususnya anak-anak seharusnya memang harus dibatasi. Jangan sampai mereka terpengaruh pada hal-hal kurang baik karena terlalu sering menjadikan gadget dan sebagainya itu sebagai permainan yang menarik. Mereka harus diperkenalkan dengan permainan tradisional yang dulu pernah buming.

Hal ini memang harus terus untuk dilakukan, jangan sampai mereka melupakan budaya bangsa yang seharusnya tetap dilestarikan ini. Permainan seperti kelereng, gundu dan lain sebagainya itu memang hanya ada di Indonesia dan tak ada di negara lain. Untuk itu sebagai anak bangsa Indonesia kita harus bangga dengan permainan tradisional yang ada.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*