Polisi China Gunakan Kendaraan Unik Untuk Patroli

Petugas dari kepolisian China memiliki kendaraan unik untuk digunakan berpatroli. Polisi – Polisi itu dibekali dengan kendaraan skuter segway. Memang kedengarannya tampak aneh pasalnya pada saat berpatroli pada umumnya menggunakan kendaraan dinas seperti mobil ataupun motor patroli khusus dengan roda besar dan suara mendegung.

Sehingga ketika masyarakat Indonesia mendengar hal ini akan merasa terkejut dan merasa ada hal unik baru. Coba dibayangkan jika polisi di Indonesia mengguna skuter mungkin sudah diseruduk oleh motor–motor dijalan raya. Memang hal ini menjadi hal baru dimana baru kali ini kendaraan patroli berupa skuter segwey.

Motor patroli yang tampak seperti otopet ini dikenal sebagai kendaraan ramah lingkungan. Karena, segwey ini menggunakan bahan bakar listrik. Sehingga tidak perlu mengisi dengan bensin ataupun pertamax cukup mencharge saja ketika bahan bakarnya sudah mulai menipis. Kendaraan patroli yang unik ini sering dijumpai di kota Chengdu, provinsi Sichuan tepat di ibu kota China Beijing.

Aparat kepolisian menganggap bahwa penggunaan segwey untuk berpatroli lebih efisien dibanding dengan menggunakan mobil bahkan untuk mengejar pencuri. Meskipun bukan motor pada umumnya para polisi China yang mengendarai juga membekali diri dengan menggunakan perlengkapan layaknya pengendara kendaraan bermotor seperti bodi proyektor, helm dan alat pengaman lainnya. Penggunaan sekuter segwey sendiri hanya dilakukan di area pusat perbelanjaan dan titik–titik publik lainnya.

Segwey tersebut syarat dengan teknologi canggih, karena dilengkapi dengan giroskop dimana berfungsi sebagai pengimbang waktu segwey pada saat digunakan. Sedangkan kecepatannya diatur dari sistem balancing atau keseimbangan pengendara. Sementara pada penggerakannya, pengemudi cukup mencondongkan badan sehingga pedal kontrol mengaktifkan motor untuk maju. Demikian juga ketika untuk menjalankan mundur kendaraan ini cukup menggerakkan badan ke belakang.

Sekuter segwey juga efisien untuk berputar bahkan mampu berputar hingga 360 derajat dari titik poros kendaraan unik ini. Ketika pengendara ingin berbelok, maka cukup memiringkan bada ke arah yang dituju. Sensor pada kaki pengendara akan mengatur kebutuhan power motor dan membuat salah satu sisi roda bergerak menjadi lebih cepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*