Sebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Gatal Yang Disebabkan Bakteri Penyebab Gatal

Penyakit gatal bisa diakibatkan oleh berbagai hal, mulai dari kuman, virus, hingga bakteri. Diantara berbagai penyakit yang sering melanda masyarakat umum, yang paling banyak diderita adalah penyakit gatal gatal, hal ini terbukti dari banyaknya pasien yang berobat ke berbagai puskesmas yang mengeluhkan penyakit gatal yang dideritanya. Penyebab penyakit ini sangat banyak sekali, dan salah satunya adalah bakteri penyebab gatal akibat kurang bersihnya dalam menjalani berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari hari.

Bakteri penyebab gatal bisa masuk melalui kuku yang tergoreskan ke permukaan luar kulit pada saat menggaruk atau kegiatan lainnya yang menyebabkan kontak antara kuku dengan kulit. Selanjutnya bakteri tersebut mulai melakukan infeksinya sehingga menyebabkan gatal gatal. Jika tidak ditangani dengan tepat, penyakit gatal gatal tersebut akan menyebabkan infeksi yang lebih buruk lagi.

Selain melalui kuku, bakteri bisa menjadi penyebab gatal dari hal hal lain yang membuat bakteri bisa kontak dengan kulit, seperti kurang bersih dalam merawat tubuh, air yang digunakan tidak terjamin kebersihannya, terdapat luka yang terbuka pada kulit dan lain sebagainya.

Penyakit gatal yang disebabkan oleh bakteri biasanya memilki gejala kulit yang gatal akhirnya menjadi bernanah yang jika tidak langsung diantisipasi bisa menjadi koreng yang bernanah kehijauan.

Agar bisa terhindar dari penyakit gatal dan penyakit lain hasil perkembangan dari penyakit gatal bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut :

1. Biasakan hidup bersih

Bakteri biasanya tumbuh dan berkembang di tempat tempat yang kotor dan kurang terawat kebersihannya. Karena itu, untuk terhindar dari bakteri biasakanlah untuk hidup secara bersih, mulai dari lingkungan, air yang kita gunakan, pakaian yang kita pakai, makanan yang kita konsumsi dan perawatan diri kita sendiri.

 2. Biasakan cuci tangan dengan sabun sehabis beraktivitas

Kebiasaan ini adalah sebuah tindakan preventif yang paling baik, karena kita tidak tahu darimana dan kapan bakteri akan menempel di kuku dan tangan kita, sedangkan tangan adalah alat yang paling banyak kita gunakan untuk beraktivitas. Karena itu, sehabis beraktivitas, terutama aktivitas yang berhubungan dengan hal hal yang kotor kita langsung bersihkan dan cuci tangan kita dengan air  dan sabun.

Itulah gejala, cara penularan penyakit, serta tindakan pencegahan yang bisa kita upayakan untuk menghindari penyakit kulit berupa gatal gatal yang diakibatkan oleh bakteri penyebab gatal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*