Suku Tengger Punya Tradisi Khusus Yang Unik

Ritual budaya yang sangat kental yang dinamakan dengan Upacara Kasada. Suku Tengger selalu melakukan kegiatan ini di Gunung Bromo, Jawa Timur. Banyak sekali wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang rela datang jauh-jauh dari seluruh pelosok negeri untuk menyaksikan ritual budaya yang sangat unik ini. Selain itu ada sebuah ritual yang tak kalah menarik untuk disaksikan.

Ritual ini dinamakan Tirto Aji Mendak Tirta. Memang untuk budaya yang satu ini belum banyak diekspos sehingga belum banyak orang yang mengetahuinya. Menurut masyarakat Suku Tengger, ini adalah ritual yang wajib dilakukan tiap tahunya. Jika tidak maka akan terjadi hal yang tak diinginkan. Mereka percaya bahwa melestarikan budaya harus tetap dilakukan sampai kapanpun.

Ritual Tirto Aji ini adalah sebuah upacara pengambilan air suci. Dilakukan di daerah Sendang Suci, Wendit Kabupaten Malang. Untuk tahun ini upacara ini akan dilakukan pada tanggal 8 Mei yang akan datang. Ritual akan dimulai dengan pengambilan air suci di salah satu sumber mata air yang ada di daerah tersebut yang dilakukan oleh suku tengger itu sendiri. Pemerintah setempat memang nantinya akan terus mengekspos keberadaan suku tengger. Hal ini dilakukan agar keberadaannya dapat dilestarikan secara terus menerus.

Para wisatawan yang akan hadir diperkirakan akan banyak sekali. Bahkan mereka akan dengan sengaja mempersiapkan kedatangannya ke daerah Malang dan melihat ritual ini. Dalam acara ini nantinya juga akan disiapkan berbagai acara kesenian dan berbagai wisata pawai yang sangat unik. Mulai dari pawai budaya sampai dengan atraksi budaya yang patut untuk anda saksikan.

Tak hanya itu saja, suku Tengger akan menyediakan beberapa makanan tradisional yang akan dipamerkan secara serentak bersamaan dengan acara tersebut. Jika anda tertarik untuk menyaksikan ritual Tirto Aji maka kunjungi acara ini. Ini adalah salah satu liburan yang sangat menyenangkan dan bisa menambah wawasan anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*