Syarat Menjadi Kopasus yang Harus Dipenuhi Oleh Calon Tentara

Seperti yang kita ketahui. Kopassus, salah satu pasukan elite dunia. Syarat menjadi kopasus tidaklah semudah yang dibayangkan. Sebab, selain dibutuhkan kekuatan jasmani yang baik, seorang calon kopasus dituntut untuk memiliki mental yang baik pula. Tidak mudah mengeluh, tidak cengeng, dan setia kepada negara. Bayangkan, apa jadinya bila anggota Kopasus adalah orang-orang yang cengeng, gampang menyerah, dan mudha terpengaruh? Tentu mereka akan mudah dikelabui oleh musuh dan mudah dihasut.

Perekretuan menjadi seorang Kopasus dilakukan dalam tahap tes yang cukup panjang. Mulai dari tes tertulis, tes psikis, hingga tes fisik wajib dilewati oleh calon Kopasus. Satu tahap saja gagal, maka tidak ada harapan untuk mengikuti tahap selanjutnya.

Ada beberapa kualifikasi syarat menjadi kopasus yang harus dipenuhi oleh calon Kopasus sebelum nantinya ia dinyatakan lulus. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Dari segi persyaratan fisik, seorang calon anggota Kopasus wajib memenuhi syarat:

Itulah syarat menjadi Kopasus yang harus dipenuhi sebelum terpilih menjadi anggota baret merah. Semoga tulisan ini menjadi informasi bermanfaat untuk pembaca.  Untuk anda yang ingin mencari artikel mengenai Kopassus lainnya. Bisa klik link Kopassus ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*