tes CPNS 2013 dimajukan September

Tes CPNS biasanya berlangsung beberapa kali dalam satu tahun. Dan lowongan pekerjaan tersebut dibuka untuk umum dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, banyak orang yang mengikuti tes CPNS  tersebut dan mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Tapi, ternyata muncul lagi pengumuman baru mengenai tes CPNS tersebut. Bahwa tes CPNS 2013 dimajukan September. Hal tersebut juga disebutkan bahwa alasan mengapa tes CPNS dimajukan adalah adanya sistem CAT atau Computer Assisted tes yang mulai diberlakukan. Dengan adanya sistem CAT tersebut maka tes CPNS tersebut pun dimajukan. Awalnya jadwal tes CPNS adalah bulan Oktober, namun kini dimajukan menjadi bulan September.

Program CAT ini memang merupakan suatu program yang baru dari pemerintah. Dan program CAT ini sudah diselesaikan programnya dari jauh-jauh hari. Sehingga sudah bisa digunakan lebih cepat untuk seleksi tes CPNS tersebut. Tapi dari pihak perencanaan SDM menambahkan bahwa para CPNS tersebut dibedakan menjadi dua jadwal. Jadwal yang pertama seleksi CPNS khusus untuk honorer kategori K2. Sedangkan jadwal yang lainnya seleksi CPNS untuk umum. Dan kedua jadwal tersebut tentunya tidak akan disamakan agar tidak bentrok. Dan mereka mengumumkan juga bahwa tes honorer K2 lah yang akan didahulukan. Setelah itu baru seleksi CPNS untuk umum. Pelaksanaan tes di dua jadwal tersebut tentunya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena yang sekarang sudah menggunakan CAT. Tentu saja sistemnya pun berbeda. Dikarenakan sistem CAT tersebut sudah terbatas, maka pelaksanaan program tes tersebut dilakukan per regional. Sistem yang diberlakukan sekarang memang lebih ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Mengingat semakin banyaknya calon yang melamar dan jumlahnya selalu bertambah dari tahun ke tahun.

 Untuk tes CPNS yang diadakan di pusat akan disaring hingga sekitar tujuh ratus orang saja. sedangkan di daerah jumlahnya lebih kecil, yaitu hanya sekitar seratus lima puluh orang. Karena biasanya di daerah jumlah pendaftarnya pun tidak sebanyak di pusat. Jika jumlah pelamar di pusat dan di daerah dijumlahkan dan jumlahnya mencapai delapan ratus orang maka tes tersebut akan dilakukan selama satu hari saja. tapi jika lebih, maka akan dibagi menjadi dua hari. Sistem CAT tersebut hanya bisa menguji lima orang saja per harinya. Sehingga jika jumlah pelamar lebih dari itu sistemnya malah tidak akan jalan dengan baik. Walaupun tes CPNS 2013 dimajukan September tapi jumlah pelamar tetap banyak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*