Tips Agar Tidak Mengantuk Setelah Berbuka Puasa

Pasti anda pernah terserang kantuk yang luar biasa hebatnya setelah berbuka puasa. Padahal anda hanya menyantap makanan ringan dan minuman saja yang tidak begitu berat. Hal ini pasti sangat mengganggu karena akan menghambat anda melakukan kegiatan wajib yaitu shalat magrib dan shalat sunah taraweh karena rasa kantuk yang melanda anda akan menyebabkan mata terasa sayu, badan lemas, hingga anda enggan untuk sekedar bangkit dari tempat duduk anda.

Jika memang anda pernah mengalaminya, anda perlu tahu penyebab dan cara mencegah kantuk setelah berbuka puasa. Berikut adalah beberapa Tips Agar Tidak Mengantuk Setelah Berbuka Puasa, siapa tahu beberapa tips ini bisa membantu anda dalam mencegah kantuk dan menikmati berbuka puasa anda dengan lebih maksimal.

Saat anda menyantap makanan dan minuman berbuka puasa, lihat porsinya dan atur porsi Makanan Yang Baik Untuk Berbuka Puasa tersebut. Jangan membuat perut anda kaget dengan memasukan semua jenis makanan kedalam perut anda dalam satu waktu. Hal ini bukan hanya akan membuat anda merasa mengantuk, bahkan akan membuat perut anda menjadi sakit karena porsi menu yang tidak diatur dengan baik.

Jenis makanan seperti ini biasanya membuat anda mengantuk dan membuat pengkonsumsi merasa pikirannya menjadi tenang sehingga kemungkinan akan membuat anda mengantuk lebih besar. Makanan jenis ini bisa anda temui di sayur – mayur daun – daunan. Padahal yang kita ketahui sayur – mayur banyak mengandung vitamin yang bermanfaat bagi tubuh kita yang sedang menjalani puasa dibulan ramadhan ini.

1 jam sebelum berbuka puasa, biasakan untuk melakukan mandi sore terlebih dahulu. Hal ini akan membuat anda lebih segar lagi dan menemukan energi baru. Namun jika anda tidak sempat mandi sore, anda dapat menggantinya dengan membasuh wajah anda dengan air hangat agar kantuk anda bisa berkurang.

Saat anda sudah menyantap hidangan berbuka puasa dengan suguhan ringan, bersegeralah anda untuk berwudhu dan jangan banyak bersantai. Dengan berwudhu dan shalat otomatis anda agar selalu bergerak sehingga senyawa – senyawa yang menyebabkan rasa kantuk anda akan hilang da tidak bisa menaklukan anda karena anda banyak bergerak.

Itulah beberapa tips agar tidak mengantuk setelah berbuka puasa, semoga bermanfaat untuk anda yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*