Tips Berpuasa Untuk Orang yang Sedang Sakit

Saat bulan puasa, setiap umat muslim wajib hukumnya untuk menjalani ibadah puasa tersebut. Namun ada juga beberapa orang yang diperbolehkan untuk tidak menjalankan ibadah puasa salah satunya adalah orang yang sedang sakit. Saat anda mengalami sakit, anda tidak perlu menjalankan ibadah puasa jika anda memang tidak mampu untuk melakukannya, namun jika anda merasa mampu melakukannya maka anda bisa melakukannya.

Misalnya anda mengidap sakit kepala, Sakit Kepala adalah penyakit yang sering dialami oleh sejumlah orang, ada yang sifatnya ringan, ada pula yang sifatnya berat. Lalu bagaimana jika anda mengalami sakit kepala saat sedang menjalankan ibadah puasa ? Apa perlu membatalkan ibadah puasa anda ? Sebenarnya sakit kepala dapat disembuhkan tanpa harus membatalkan ibadah puasa anda tetapi anda terlebih dahulu harus mengetahui penyebab dari sakit kepala yang melanda anda. Penyebabnya pun bisa bermacam – macam, mulai dari kurangnya istirahat atau kurangnya konsumsi makanan yang masuk ke tubuh anda.

Selain sakit kepala masih banyak lagi jenis sakit yang mungkin bisa mengganggu. Demi kenyamanan ibadah puasa anda, berikut adalah beberapa Tips Berpuasa Untuk Orang Yang Sedang Sakit.

1. Jangan Tidur Hingga Larut Malam

Selama bulan puasa, usahakan untuk tidur 6 hingga 7 jam perhari agar tubuh anda tidak terlalu kelelahan walaupun istirahat anda terpotong dengan waktu sahur. Istirahat yang cukup akan membuat badan segar dan fit dalam menjalani puasa, selain waktu istirahat yang cukup perhatikan juga kualitas tidurnya. Tidurlah dengan baik dan lelap.

2. Perbanyaklah Istirahat Siang

Luangkanlah sedikit waktu untuk tidur siang walaupun hanya 30 menit. Dengan tidur siang, tubuh anda agar segar kembali. Jika Anda bekerja atau belajar maka tidur siang bisa diganti dengan rehat di waktu jeda istirahat menghindari kepenatan dan kelelahan dalam bekerja.

3. Pilih Menu Yang Sehat

Saat sahur dan berbuka usahakan untuk mengkonsumsi menu buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin yang baik untuk tubuh anda. Penyebab sakit kepala juga karena lapar maka dari itu anda harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi agar rasa lapar bisa tertahankan.

4. Kurangi Mengkonsumsi Kopi dan Teh

Kopi dan teh banyak mengandung kadar kafein. Hal ini bisa membuat tubuh anda terasa lemas dan lesu. Kurangilah mengkonsumsi kopi dan teh saat anda sahur dan berbuka supaya ibadah anda lancar dan tidak dilanda sakit kepala yang sangat mengganggu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*