Tips Membeli Daging Sapi Saat Ramadhan dan Lebaran Tiba

Bulan ramadhan dan lebaran memang menjadi momen yang sangat penting bagi seluruh umat muslim yang ada di dunia. Bahkan bagi sebagian masyarakat di Indonesia bulan ini dianggap sebagai bulan yang sangat sakral. Salah satu daerah yang menganggap ramadhan dan lebaran sebagai bulan sakral adalah Aceh. Masyarakat Aceh menganggap bahwa pada bulan ini harus ada hidangan makanan yang berbahan dasar daging sapi. Hal ini memang dilakukan sejak turun temurun dan sudah menjadi tradisi tiap tahunnya. Masyarakat akan berbondong-bondong pergi ke pasar untuk membeli daging sapi. Terkadang mereka juga bingung bagaimana memilih daging sapi yang baik. Seperti yang kita tahu tak sedikit pedagang daging sapi yang memanfaatkan momen ini untuk bermain curang dengan membeli daging dengan kualitas buruk. Untuk itu kami berikan tips untuk memilih daging sapi yang baik :

1. Perhatikan warna daging sapi yang akan anda beli.

Jika warnanya pucat dan tidak berair maka jangan beli daging tersebut. Bisa jadi daging tersebut memiliki kualitas yang buruk. Pilihlah daging yang memiliki warna merah dan segar. Warna dan kesegaran daging sudah pasti sangat menjamin kualitasnya.

2. Pilihlah pedagang yang selalu menggantung daging sapi tersebut.

Jika seorang pedagang menawarkan daging yang sudah dikemas dalam plastic anda patut mencurigai hal tersebut.

3. Coba lempar daging sapi yang akan anda beli pada meja pedagang.

Jika daging tersebut licin maka jangan membelinya karena bisa jadi itu adalah daging gelonggongan. Pilihlah yang memiliki tekstur kesat.

4. Telitilah urat daging sapi tersebut.

Jangan memilih daging sapi yang memiliki urat mengembung atau kembung. Daging sapi yang memiliki urat membengkak biasanya tergolong daging sapi gelonggongan yang sudah pasti tidak layak konsumsi.

5. Terakhir anda tanyakan harganya.

Untuk daging sapi dengan kualitas baik biasanya memiliki harga yang relative rata-rata. Jika pada saat naik sudah pasti mahal dan pada saat turun sudah pasti turun. Jika anda ditawari dengan harga murah pada saat harga daging mahal sudah pasti ada yang mencurigakan dari hal tersebut. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*