Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Menjalankan ibadah puasa memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Guna memperlancar ibadah puasa kita harus mengetahui beberapa trik khusus. Dalam menjalankan ibadah puasa ternyata memiliki banyak godaan, mulai dari tidak tahan menahan lapar hingga masalah kesehatan yang tidak seharusnya kita alami. Untuk memperlancar puasa maka anda harus mengetahui trik dan cara jitu agar puasa anda lancar, mengingat waktu puasa sudah semakin dekat.

Puasa memang menjadi kewajiban semua umat muslim. Bukan hanya dari segi kesehatan, puasa juga dapat membersihkan hati dari berbagai perbuatan kotor. Kita akan dihindarkan dari perbuatan-perbuatan tercela yang menguasai hati kita. Sedangkan dari sisi kesehatan puasa berarti mengistirahatkan pencernaan yang biasanya bekerja secara rutin selama 18 jam lamanya.

Berpuasa berarti kita harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih dari 15 jam. Dengan waktu yang relative lama sudah pasti banyak sekali godaan yang akan membuat kita batal. Usahakan jangan sampai anda tergoda, puasa anda selama satu hari penuh akan sia-sia. Berikut ini kami berikan tips sehat menjalankan ibadah puasa :

1.Berniat dengan hati yang ikhlas.

Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa1

Sebelum anda menjalankan ibadah puasa, pastikan niat anda mantap dalam hati. Tanpa hal ini ini sebenarnya anda masih bisa mendapatkan manfaat lain dari kegiatan berpuasa yaitu dari sisi kesehatan, social maupun kejiwaan. Niat puasa yang ikhlas sudah pasti akan memicu anda untuk selalu konsisten dalam menjalankan ibadah puasa.

2.Mencukupi kebutuhan kalori.

Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa2

Saat berpuasa terkadang banyak sekali orang yang tidak memperhatikan jumlah kalori yang mereka butuhkan. Hal inilah yang membuat mereka lemas di tengah-tengah menjalankan ibadah puasa khususnya pada saat siang hari. Untuk itu perhatikan jumlah kalori pada saat makan sahur sehingga memenuhi kebutuhan anda pada saat matahari terbit hingga terbenam.

3.Mencukupi kebutuhan air.

Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Air memang menjadi kebutuhan dasar cairan manusia. Tanpa air sudah pasti seseorang akan mengalami dehidrasi. Untuk itu saat puasa usahakan untuk meminum air putih dengan jumlah yang tepat. Jangan terlalu sedikit. Usahakan minum 8 gelas dalam sehari. Hal ini akan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*