Ubur–Ubur Raksasa Ditemukan Terdampar

Ubur–ubur merupakan hewan laut yang mampu berkembang biak didalam air. Namun, ketika ada ubur–ubur yang ukurannya tidak lazim akan membuat seseorang merasa takut sehingga menjadi sebuah hal mengejutkan. Mungkin sudah sering diketahui bagaimana bentuk ubur–ubur ini karena binatang ini hampir tersebar diseluruh lautan Indonesia.

Binatang ubur–ubur berukuran raksasa ditemukan terdampar disebuah pantai di Portland, Dorset, Inggris. Makhluk raksasa ini pertama kali dilihat oleh fotografer satwa liar yaitu Steve Trewhella. Fotografer ini mengatakan bahwa ubur–ubur jumbo ini merupakan salah satu dari 10 ubur–ubur yang terlihat baru–baru ini disepanjang pantai Portland.

Steve Trewhella mengatakan bahwa “Ubur–ubur bukan hal biasa, karena keberadaannya di Dorset tidak terlalu umum. Kita hanya bisa melihat mereka sesekali saja”. Fotografer tersebut yakin bahwa bintang laut berukuran jumbo ini terdampar kedaratan karena angin kencang dan gelombang yang tinggi. Steve mengungkap bahwa “Ubur–ubur merupakan sejenis plankton, dan cuaca hangat memungkinkan terjadi peningkatan perkembangbiakan plankton. Mungkin, hal ini sudah biasa terjadi pada bulan – bulan ini setiap tahunnya, dan sudah dikenal sebagai ledakan plankton”.

Selain itu Steve juga berkomentar “Namun, bukan cuaca hangat yang menyebabkan ubur–ubur untuk mendatangi pantai, melainkan angin dan pasang yang membuat binatang berukuran jumbo ini berhasil terdampar di pantai Portland ini. Saya berfikir mungkin kita akan melihat lebih banyak karena angin didarat dan pasang surut, namun harus berhati–hati untuk tidak menyentuh mereka” pungkasnya.

Sementara menurut para ahli, masuknya ubur–ubur yang berukuran jumbo itu akan terjadi selama beberapa bulan kedepan. Selain itu mereka  juga membenarkan jika cuaca hangat menjadi penyebab kemumunculan ubur–ubur raksasa. Ubur–ubur dengan ukuran 99 cm memang tampak berbahaya seolah–olah menunggu mangsanya untuk disengat.

Tetapi, ternyata sebaliknya makhluk menyeramkan ini justru tidak berbahaya bagi manusia. Pasalnya ubur ubur raksasa ini merupakan spesies Atlantik yang memang kandang–kadang ditemukan terdampar dengan tampilan menyeramkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*