8 Manfaat Bersepeda Pagi Bagi Wanita Biar Kamu Gak Mager Lagi

Manfaat bersepeda pagi bagi wanita memang tidak perlu diragukan lagi. Meskipun terkesan sebagai salah satu olahraga yang sederhana, olahraga bersepeda ternyata bisa memberikan banyak manfaat dan dampak positif. Tak hanya kesehatan bagi tubuh, bersepeda juga mampu memberikan manfaat secara signifikan untuk kesehatan mental seseorang. Apalagi, bersepeda dapat melatih tubuhmu untuk tetap bergerak.

[toc]

Bersepeda mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung,  obesitas,kanker, diabetes, hingga penyakit jiwa. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat bersepeda bagi bagi wanita, simak ulasannya dibawah ini menurut begituunik.com.

Manfaat Bersepeda Pagi Bagi Wanita


1. Membakar Kalori


[caption id="attachment_102" align="aligncenter" width="450"] Bersepeda Dapat Membakar Kalori lebih mudah[/caption]

Bagi sebagian besar kaum hawa, mempunyai berat badan ideal jelas menjadi salah satu hal yang sangat diidam-idamkan. Tak jarang, banyak wanita sampai rela menjalani berbagai macam diet dan olahraga untuk mengurangi jumlah kalori dalam tubuh. Dalam hal ini, kegiatan bersepeda bisa menjadi salah satu opsi olahraga yang tepat untuk dilakukan bagi wanita. Dengan bersepeda selama 1 jam, bisa membakar 400 sampai 1000 kalori , tergantung dari intensitas dan beban kayuhan yang dipasang. Makin lama durasi bersepeda semakin banyak pula kalori yang bisa kamu bakar. Jika memungkinkan, Kamu juga bisa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari mengantarmu kemanapun pergi.

2. Meredam Stres


Manfaat bersepeda pagi bagi wanita adalah bisa mengeluarkan hormon tubuh yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan membentuk keadaan hati dan pikiran yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.

Timbulnya rasa nyaman dalam tubuh otomatis akan membuat pikiranmu menjadi lebih tenang. Pikiran yang tenang ditambah bisa melihat pemandangan baru yang bisa kamu dapatkan saat bersepeda. Kondisi ini membuat penurunan tingkat stres dalam tubuh akan makin terasa.

3. Mengurangi Nyeri Saat Haid


Wanita Saat Haid

bersepeda dikenal sebagai olahraga yang mampu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan tubuh, termasuk saat Kamu mengalami nyeri karena haid. Bahkan, bersepeda dipercaya menjadi olahraga yang baik dilakukan saat menstruasi. Dengan bersepeda, sirkulasi darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar dan oksigen bisa tersalurkan ke semua otot tubuh. Hasilnya, risiko mengalami masalah nyeri haid pun bisa berkurang.

4. Merawat Kondisi Sendi


Pergelangan kaki, Sikut, lutut, dan pergelangan tangan otomatis akan bergeral pada saat bersepeda. Manfaat bersepeda didapatkan dari pergerakan yang baik pada persendian karena akan membuatnya menjadi lebih fleksibel.

5. Mencegah Penyakit Jantung dan Risiko Kanker


olahraga sepeda bisa meningkatkan detak jantung, memompa darah ke seluruh tubuh, membakar kalori, dan membatasi kemungkinan kamu mengalami obesitas.

Hasil riset  yang dilakukan oleh Universitas Glasgow pada tahun 2018. Penelitian melibatkan 260.000 orang dan berjalan kurang lebih lima tahun untuk menyimpulkan bahwa bersepeda untuk bekerja dapat mengurangi risiko pengendara terkena penyakit jantung atau kanker.

6. Mengatasi Insomnia


Wanita Yang Mengalami Insomnia

Jika kamu sedang mengalami insomnia, olahraga sepeda dipercaya mampu mengatasi gangguan yang kamu alami. Cukup dengan bersepeda selama kurang lebih 20-30 menit setiap 2 hari sekali. Dengan begitu waktu tidur kamu akan datang lebih cepat.

Sedangkan, manfaat bersepeda di pagi hari ketika matahari yang belum terbit terlalu tinggi bisa membantu mengembalikan jam biologis tidur kembali normal seperti biasa. Selain itu juga bisa menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan timbulnya insomnia.

7. Meningkatkan Kekuatan, Keseimbangan, dan Koordinasi Otot Tubuh


Bersepeda bisa mencegah dirimu  mengalami patah tulang akibat terjatuh. Meskipun bersepeda tidak secara langsung mengurangi sakit yang ditimbulkan dari  osteoporosis, namun, bersepeda merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis, karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi.

8. Meningkatkan Kemampuan Seks


Manfaat bersepeda pagi bagi wanita juga dapat membangun beberapa kelompok otot yang penting.  Semua otot yang bekerja untuk mengayuh sepeda juga digunakan selama hubungan seksual. Semakin sering melatih otot-otot ini, hubungan seksual juga menjadi lebih tahan lama.

Walaupun masih terkesan tabu, tapi setidaknya bagi pasangan yang sudah menikah hal ini menjadi ilmu baru. Sebagian besar dari kita paham bahwa seks merupakan hal yang baik untuk dilakukan bagi pasangan sah, tetapi tidak semua orang tahu bahwa itu sebenarnya juga baik untuk kesehatan umum secara keseluruhan. Bahkan, seks biasa bisa memperpanjang umur.

menarik sekali bukan, ternyata manfaat sepeda pagi bagi wanita ada banyak. Selamat mencoba ladies!

1 Response to "8 Manfaat Bersepeda Pagi Bagi Wanita Biar Kamu Gak Mager Lagi"

  1. […] minum air putih yang berasa seperti air gula, teh ataupun kopi. saat kamu olahraga seperti bersepeda, pasti akhirnya haus tuh, nah kamu bisa mengonsumsi air dalam jumlah yang banyak untuk mengganti […]

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1