Fakta Unik Tentang Air, Salah Satu Benda Paling Vital Dalam Kehidupan

Air mempunyai peranan yang penting bagi kehidupan. Ada beragam fakta unik tentang air yang mungkin belum banyak kamu ketahui, Air terdiri dari dua unsur utama, yaitu oksigen dan hidrogen . Formula kimianya adalah H2O. Setiap molekul air terdiri atas dua atom hidrogen yang terikat oleh satu atom oksigen.

Keberadaan air sangat penting untuk menopang kehidupan di Bumi. Air memiliki tiga bentuk yang berbeda, yaitu cair, padat dan gas. air yang memiliki kepadatan molekul yang tidak padat disebut benda cair. Air yang memiliki titik kepadatan yang tinggi disebut air es. Untuk air yang memiliki bentuk gas disebut sebagai uap atau uap air.

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan, dalam satu abad ini, pemakaian air oleh umat manusia meningkat sebanyak dua kali lipat dari sebelumnya. Memang kalau dilihat dengan kasat mata, jumlah air di bumi ini tidak terhingga. Namun jika pemakaiannya terkesan ngawur dan membuang buang air bersih, maka keberadaan air bersih layak pakai akan semakin menipis. Inilah fakta unik tentang air yang perlu kalian tahu.

1. Permukaan bumi diliputi oleh air sebanyak 70%


[caption id="attachment_122" align="aligncenter" width="600"]Permukaan Bumi diliputi Air Sebanyak 70% Permukaan Bumi[/caption]

Tidak bisa dipungkiri bahwa dua per tiga bagian bumi diselimuti oleh air. daratan yang ada di bumi hanya sepertiganya saja. bahkan tidak memungkinkan bila es di kutub mencair, sebagian besar daratan akan tertutup air pula. Jika dilihat dari luar angkasa, bumi adalah satu satunya planet di tata surya yang berwarna biru karena air, bukan karena gas. Disitulah kita tinggal dan membangun peradaban.

2. Air tidak pernah berkurang dan bertambah


[caption id="attachment_124" align="aligncenter" width="600"]Fakta tentang Volume Air yang tetap Fakta tentang Volume Air yang tetap[/caption]

Ya, air yang diminum oleh dinosaurus jaman dulu adalah air yang saat ini kita konsumsi. proses daur ulang air dari sungai, laut, uap awan kemudian hujan membasahi bumi ini yang membuat air di bumi tidak pernah habis, maupun bertambah. jika kamu merasa ada kekeringan di suatu wilayah, karena memang sedang musimnya terkena air saja. tapi air tetaplah tidak berkurang hanya saja berada di tempat lain.

3. Kualitas air di dunia telah menurun, khususnya daerah pemukiman padat


Seperti misalnya di India, ada 4 juta hektar tanah pertanian yang telah hilang karena penyedotan air. karena keadaan air yang tercemar akhirnya banyak penyakit muncul dari air. Kurangnya air bersih untuk mandi juga menjadi bencana bagi jutaan orang tiap tahun. Hasil penelitian yang mengerikan adalah 20 tahun dari sekarang, mungkin ketersediaan air tawar tidak akan tercukupi untuk memenuhi kebutuhan dasar setengah populasi dunia saat itu saja. Inilah yang menjadi alasan mengapa setidaknya 10.000 tanaman desalinasi sudah mulai ditanam, terutama di wilayah Timur Tengah.

 

4. Tiga perempat dari air tawar yang ada di bumi diperoleh dari gunung es di daerah kutub


Kutub menjadi dominan dalam memasok air tawar di seluruh dunia. baru kemudian sisa air tawar di bumi ini berasal dari dalam tanah, sungai, dan danau. Kita bisa menyaring/menyuling air laut menjadi air tawar, hanya saja prosesnya panjang dan jika ingin menggunakan alat penyuling air laut, harganya tidak semurah itu.

5. Sebanyak 3 juta orang setiap tahun mati karena kurang air bersih


Hal ini disebabkan karena air bersih yang layak dikonsumsi semakin menipis. Juga bagian sanitasi yang kurang terjaga dan masalah yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan. Jika keadaan mengerikan ini tetap berjalan, bukan tidak mungkin kita akan menemui keadaan dimana air bersih benar benar tidak ada lagi.

6. Air dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit


Dengan banyak mengonsumsi air, penyakit seperti arthritis atau gangguan pada otot-otot atau jaringan-jaringan tubuh, kanker, dan penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya akan bisa terminimalisir. Air bekerja seperti pelumas yang membasahi persendian, pembersih bagi saluran pencernaan, dan pengontrol kadar garam dalam tubuh. bahkan tubuh kita ini didominasi oleh air.

Dengan banyak mengonsumsi air putih, khususnya yang mineral, akan membuat tubuh lebih sehat dibandingkan minum air putih yang berasa seperti air gula, teh ataupun kopi. saat kamu olahraga seperti bersepeda, pasti akhirnya haus tuh, nah kamu bisa mengonsumsi air dalam jumlah yang banyak untuk mengganti keringatmu yang hilang.

Itulah fakta unik tentang air yang bisa kamu baca pada ulasan diatas. semoga tulisan ini menyadarkanmu akan pentingnya air sehingga kamu bukan menjadi salah satu pelopor hilangnya air bersih di muka bumi ini.

 

0 Response to "Fakta Unik Tentang Air, Salah Satu Benda Paling Vital Dalam Kehidupan"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1