Pasukan Khusus: 4 Negara Pesaing Kopassus

BegituUnik - Pasukan khusus, Baru-baru ini kita dikejutkan oleh kasus penyerangan lembaga pemasyarakatan di Yogyakarta yang menewaskan 4 orang tahanan, yang ternyata dilakukan oleh oknum-oknum Kopassus. Walaupun kasus ini adalah sesuatu yang sangat disayangkan oleh banyak pihak, sebenarnya apa yang dilakukan oleh para oknum Kopassus tersebut secara tidak langsung menunjukkan betapa terlatihnya mereka dalam melakukan penyerangan.

Kehebatan Kopassus memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, negara-negara lain pun mengakui kehebatan pasukan khusus dari TNI Angkatan Darat ini. Konon, kehebatan Kopassus menduduki peringkat ke-3 di dunia. Berikut adalah beberapa negara yang mempunyai pasukan khusus yang mirip dengan Kopassus, dan kemampuannya pun patut diacungi jempol:

[toc]

1. Inggris


[caption id="attachment_37" align="aligncenter" width="800"]Pasukan Khusus Inggris Special Air Service (Inggris)[/caption]

Inggris mempunyai PASUS dengan nama Special Air Service (SAS). Pasukan ini adalah PASUS milik Angkatan Darat Kerajaan Inggris. Dulu, pasukan ini pernah menjadi contoh bagi PASUS dari negara-negara lain. Keahlian para anggota SAS tidak hanya terbatas pada penggunaan persenjataan saja. Para anggota PASUS ini juga mahir dalam ilmu bela diri sejenis karate yang dinamakan Gon-Ryu. Performa SAS di berbagai medan perang tidak perlu diragukan lagi. Karena itu, banyak alumni SAS yang kemudian menjadi mentor atau kontributor acara televisi, seperti acara Survival Expert, dan masih banyak lagi.

2. Rusia


[caption id="attachment_38" align="aligncenter" width="1024"]pasukan Khusus Specnaz Rusia Specnaz Rusia[/caption]

Rusia mempunyai pasukan khusus yang bernama Specnaz. Dalam bahasa Rusia, Specnaz artinya “pasukan khusus.” Pasukan khusus milik Rusia ini dikontrol oleh dinas intelijen militer Rusia yang bernama GRU. Para anggota Specnaz dilengkapi dengan ilmu bela diri bernama Russian Sambo.

3. Perancis


[caption id="attachment_39" align="aligncenter" width="1280"]Pasukan Khusus GIGN Perancis Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale[/caption]

Perancis mempunyai pasukan khusus yang bernama GIGN, yang merupakan singkatan dari Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale. Uniknya, walaupun para anggota pasukan khusus ini adalah orang-orang militer, mereka juga seringkali harus melaksanakan tugas-tugas polisi. Karena itulah, GIGN sering dianggap mirip dengan tim SWAT, dan bukan pasukan yang murni milik militer seperti SAS dari Inggris. Para anggota GIGN dibekali dengan ilmu bela diri yang dinamakan Savate.

4. Amerika


[caption id="attachment_40" align="aligncenter" width="650"]Pasukan Khusus Navy SEAL Amerika Navy SEAL[/caption]

Amerika mempunyai PASUS dari Angkatan Laut yang bernama Navy SEAL. Mungkin PASUS milik Amerika ini adalah PASUS yang paling terkenal karena figurnya sering ditampilkan di film-film Hollywood. Walaupun PASUS ini milik Angkaran Laut, PASUS ini dapat beroperasi tidak hanya di laut, tapi juga di udara dan darat. Salah satu contoh dari misi yang dijalankan oleh Navy SEAL adalah misi penangkapan dan pembunuhan Osama bin Laden di Pakistan.


0 Response to "Pasukan Khusus: 4 Negara Pesaing Kopassus"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1