Apa yang Terjadi Jika Es Kutub Mencair? Simak Ulasannya Disini

Secara tidak kita sadari, sebenarnya ada banyak aktivitas sehari-hari yang kita lakukan namun membuat bumi dalam keadaan bahaya, yaitu Global warming. Ketika hal ini terus terjadi dan tidak ada usaha untuk mencegahnya, pada akhirnya es di kedua kutub bumi akan mencair.


Dilansir dari National Geographic , setidaknya di bumi ini ada lima juta kubik mil bongkahan es di kedua kutub. Para ahli memperkirakan butuh waktu lima ribu tahun untuk mencairkan semuanya. Namun proses tersebut bisa saja semakin cepat karena saat ini kadar karbon di atmosfer juga semakin banyak.

Bahkan Peneliti menemukan fakta terbaru yang mencengangkan soal global warming yang membuat es di kutub selatan mencair 6x lebih cepat dibandingkan 40 tahun yang lalu. Dibandingkan tahun 2009-2017, saat ini es di Kutub selatan mencair enam kali lipat lebih cepat menjadi 252 miliar ton per tahun.

[toc]


Pada akhirnya semua es yang ada di kutub memang akan mencair, hanya saja kita tidak tahu kapan itu akan terjadi. Namun kira kira apa dampak dari es kedua kutub bila mencair bagi kehidupan di bumi? Ternyata ada berbagai aspek yang bisa mempengaruhinya lho. Simak Ulasannya dibawah ini!

1. Permukaan Laut Semakin Tinggi Akibat Es Kutub Mencair


Permukaan Laut Semakin Tinggi Akibat Es Kutub Mencair

Peristiwa naiknya permukaan laut sudah pasti terjadi jika es di kedua kutub meleleh. Jika es di pegunungan runtuh bisa membuat gelombang tsunami, apalagi kalau seluruh es kutub mencair. Daratan pun akan ikut berkurang karena terendam. Pulau-pulau kecil akan hilang dari peta bumi karena tenggelam air laut. Contohnya saja, negara di pesisir Amerika seperti Florida, akan tenggelam selamanya. Tidak hanya itu saja, para ahli juga memprediksikan bahwa daerah pesisir lain pun akan  terkena dampak yang sama.

2. Hewan Kutub Dipastikan Punah


Pinguin Bisa Punah

Hewan kutub tentu memerlukan habitat yang dingin untuk kelangsungan hidupnya. Dengan melelehkan es di Kutub akan membuat hewan hewan disana seperti beruang kutub atau penguin akan punah karena tidak adanya habitat yang mendukung untuk mereka hidup.

3. Cuaca Ekstrem Terus Menerus Karena Es Kutub Mencair




Pernahkah kamu menonton film sci-fi The Day After Tomorrow? Disitu diceritakan global warming yang parah sehingga kutub utara maupun selatan meleleh dan mengacaukan cuaca sehingga cuaca menjadi ekstrim dan terjadi dalam waktu yang tidak sebentar. Penjelasannya, dengan berubahnya suhu, arus udara dunia yang ikut mengatur berbagai peristiwa cuaca pun menjadi berubah. Akibatnya, pergantian cuaca pun menjadi tidak terkendali. Sebagian wilayah akan mengalami kekeringan yang panjang, namun dibagian belahan bumi lain mengalami badai yang tidak kunjung berhenti.

Di wilayah Eropa Barat sudah terjadi kekeringan yang bahkan bisa dilihat dari luar angkasa. Beberapa wilayah di dunia yang tadinya panas terik, hanya dalam hitungan jam bisa menjadi hujan badai. Selain itu, musim panas yang sangat panas atau musim dingin yang sangat dingin dibanding suhu normal serta munculnya badai secara tiba tiba di mana-mana karena perubahan suhu yang ekstrem.

4. Relokasi Penduduk Berskala Besar


Orang orang yang hidup di kutub sudah pasti harus direlokasi. Menyusul nanti warga di pesisir karena naiknya permukaan air laut. Dataran bumi yang semakin sedikit ditambah semakin menumpuknya warga warga diseluruh dunia yang terpaksa di relokasi, tidak bisa dibayangkan.

5. Bumi Menjadi Semakin Panas




Dampak pasti yang akan diterima bumi apa bila es kedua kutub memeleh adalah, suasana dibelahan bumi manapun akan terasa "lebih hangat" dari suhu normal. Hal ini terjadi karena suhu dingin alami bumi yang biasanya dibawa oleh udara dari kedua kutub menjadi hangat karena es di kutub mencair itu tadi. hal inilah yang mempengaruhi naiknya suhu di belahan bumi manapun dan membuat suhu di bumi semakin panas.

Ngeri juga ya ternyata dampak yang akan kita terima ketika es di kedua kutub mencair. Nah, oleh karena itu selama sekarang es kutub belum terlalu parah pencairannya, kita sebagai manusia yang dominan merusak alam, mulai memperhatikan keadaan alam sekitar yang semakin sakit. Semoga tulisan ini membawa kesadaran bagi kamu kamu diluar sana yang masih menyepelekan efek pemanasan global bagi seluruh penghuni bumi.

0 Response to "Apa yang Terjadi Jika Es Kutub Mencair? Simak Ulasannya Disini"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1