Kenapa Roda Pesawat Kuat Menahan Beban Pesawat

Mungkin kalian akan penasaran kenapa roda pesawat kuat dalam menahan beban pesawat. Padahal kalau dilihat secara kasat mata, ban pesawat kecil untuk ukuran pesawat sebesar itu.

Faktanya, saat ini maskapai penerbangan komersil di seluruh dunia dominan menggunakan pesawat Boeing 777 dengan beban pesawat sekitar 250 sampai 400 ton. Dengan beban seberat itu, kengapa roda pesawat kuat dan tidak meledak meskipun membawa beban yang berat?

Kenapa Roda Pesawat Kuat Membawa Beban Pesawat?


Ban pesawat sebenarnya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. misalnya pesawat Boeing 737  menggunakan ban dengan ukuran 686mm x 200mm x 15inch . Karet pada dinding ban bagian sampingnya memang tidak terlalu tebal, tapi justru kekuatan ban terletak pada kawat yang tertanam didalam ban. Kawat tersebut biasanya berbahan nilon. Namun akhir akhir ini berkembang bahan yang dikenal sebagai aramid. Setiap lapisan ban berkontribusi dalam membuat bantalan beban dan kemampuan menahan tekanan udara dan yang pasti, kekuatan dalam menahan beban pesawat.

Pada saat sebuah pesawat menyentuh landasan, ban pesawat belum seepenuhnya berputar, ia baru bergesekan dengan aspal landasan saja. Setelah pesawat sepenuhnya menyentuh tanah, pesawat akan menyeret ban tersebut untuk berputar, berdecit dan diiringi sedikit kepulan asap karena gesekan. Ban pesawat akan berangsur menyesuaikan kecepatan putaran sampai pada akhirnya kecepatan rotasi ban sesuai dengan kecepatan pesawat.

Ukuran ban pesawat dua kali lebih besar dari roda truk besar atau tronton, dan enam kali lebih besar dari ban kendaraan biasa. Tekanan ban dibuat lebih tinggi dari ban kendaraan biasa. Prototipe ban pesawat didesain dan di uji coba terlebih dahulu dengan berbagai teknik yang berbeda, bahkan lebih kompleks dibandingkan dengan uji coba ban kendaraan lain. Ban pesawat tidak perlu bermanuver untuk berbelok, hanya lurus saja. Ban pesawat besar biasanya memiliki alur 4 garis.

Inilah yang menjadi alasan kenapa ban pesawat hanya memakai pola alur dan bukan pola blok seperti ban  mobil pada umumnya. Pola blok malah akan merusak ban karena bisa membuat roda pesawat  pecah setelah ban bergesekan dengan aspal landasan. Ban pesawat  mampu berlari di kecepatan hingga 464 km/j.

Harga Roda Pesawat


Jadi bisa dilihat ketika pesawat mendarat, akan muncul kepulan asap dari ban. Hal ini yang menjadi penyebab utama keausan ban pesawat. Penjelasannya ketika ban pesawat menyentuh landasan dan bergulir setelah menyentuh permukaan akan terjadi gesekan yang membuat roda pesawat menjadi aus.
Ban pesawat juga perlu diganti setidaknya setiap 500x mendarat. Tak heran mengapa pesawat komersil raksasa seperti Airbus A380 yang memiliki kabin dua tingkat membutuhkan ban sampai 20 buah. Jumlah ban sebanyak itu akan memberikan kestabilan dan tetap aman ketika mendarat walau salah satu ban mengalami kerusakan. 1 roda pesawat sekelas Airbus 380 saja bernilai Rp. 70 juta!

Desain Roda Pesawat




Umumnya satu roda pesawat bisa menopang beban sebanyak 38 ton. Jumlah ban berbeda beda di tiap jenis pesawat karena keadaan berat pesawat yang bermacam macam. Sebagai contoh, Boeing 777 mengunakan 14 ban, Airbus A380 double decker sebagai pesawat penumpang terbesar di dunia membutuhkan 20 unit ban. Bahkan pesawat angkut terbesar di dunia Antonov An-225 Mriya memerlukan 30 unit ban belakang dan 1 pasang ban depan.
Rahasia dari kekuatan ban pesawat adalah tekanan yang tinggi dalam satu roda nya. Untuk pesawat komersil mencapai 200 psi. Tapi pada pesawat F16 malah menggunakan tekanan ban hingga 320 psi.
Produsen pembuat ban terbesar dari 4 perusahaan. Goodyear, Michelin, Dunlop dan Bridgestone, merekalah yang menyediakan supply ban ke maskapai penerbangan di seluruh dunia.

Pengisian angin ban pesawat biasanya mengunakan gas nitrogen. Gas tersebut tidak terlalu bereaksi terhadap bahan karet, baik di ketinggian, suhu dan tekanan ban pesawat, ketika sedang didarat maupun di udara. Cara mengganti roda pesawat juga simpel. Montir hanya perlu mengangkat tiang penyangga roda pesawat hingga roda naik 5cm. Ban dibuang anginnya, kemudian dilepas dan diganti dengan ban pesawat yang baru, baru nanti diberi tekanan sebesar 200 psi.

Apakah Ban Pesawat Memerlukan Ban Dalam ?

Jawabannya masih. Jadi  ban pesawat kurang lebih sama dengan ban kendaraan umum, hanya lebih aman ban pesawat daripada ban kendaraan umum karena lebih tebal dan kuat. Uji cobanya saja berkali kali dan ketat.

0 Response to "Kenapa Roda Pesawat Kuat Menahan Beban Pesawat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1