Palung Mariana, Tempat Terdalam dan Tergelap Di Bumi

Adakah disini yang masih apa itu palung? palung adalah semacam cekungan atau jurang yang ada didalam lautan. Dan, untuk saat ini, palung terdalam yang ada di dunia ini dipegang oleh Palung Mariana yang ada di filipina. Fakta Palung mariana sebagai tempat terdalam di bumi ini memang sudah terbukti dengan adanya penelitian didaerah ini. . selain itu, belum banyak yang tau fakta Palung Mariana beserta misterinya.

Anggapan bahwa lautan menyimpan banyak misteri mungkin bagi sebagian orang menyetujui hal itu. Sudah sejak lama banyak ahli kelautan mencoba meneliti tentang kehidupan bawah laut, begitu pula dengan struktur sampai hal apapun yang berkaitan dengan dunia bawah laut.

Tidak seperti melakukan penelitian di daratan, meneliti laut perlu perlengkapan berteknologi tinggi dan keahlian menyelam untuk mengetahui rahasia di dalam laut. Belum lagi kalau ada beberapa hambatan seperti dalamnya lautan, bebatuan, minim cahaya dan tekanan dibawah air. Benar benar menantang maut.

Meskipun begitu, untuk Palung Mariana sendiri untuk saat ini kita memiliki beberapa data dan fakta berkat kerja keras para peneliti yang berhasil mendapatkan hasil penelitian disana. Seperti apa saja fakta palung mariana? Simak pembahasannya dibawah ini.

Fakta Palung Mariana Sebagai Tempat Paling Dalam Di Bumi


1. Tempat Paling Dalam Di Bumi


Sampai tulisan ini dibuat, Palung Mariana terdapat titik terdalam di laut yang berhasil tercatat oleh peneliti, yaitu Challenger Deep atau Kedalaman Challenger. Kedalaman dari Challenger Deep ini tercatat dalam sejarah sedalam 11.000 m, atau kita memerlukan 13 bangunan Burj Khalifa yang ditumpuk vertikal untuk menyamai dalamnya Challenger Deep ini.

2. Penemu Palung Mariana dan Challenger




Palung Mariana ditemukan pada 1875, pertama kali oleh kapal HMS Challenger, sebuah kapal Angkatan Laut dari Inggris. Setelah ekspedisi pertama dari HMS Challenger, Challenger Deep diteliti lagi oleh kapal HMS Challenger II pada 1951. Pada 25 Maret 2012, Sutradara terkenal yang menyutradarai film Avatar dan Titanic, James Cameron berhasil menjadi manusia pertama yang mampu menyelam sampai kedalaman 11 kilometer di Palung Mariana. James Cameron menggunakan kapal torpedo mini, The Deepsea Challenger. Dia juga berhasil membawa hasil penelitian baru mengenai Palung Mariana.

3. Tekanan yang Luar Biasa Kuat


Teori tekanan air laut yaitu semakin dalam dasar lautan, semakin kuat tekanan airnya. Dengan kedalamannya, Palung Marianan memiliki tekanan air seberat 703 kilogram per meter perseginya . Jika dibandingkan dengan tekanan air dengan kedalaman laut standar, tekanan air di Challenger Deep 1.000 kali lebih kuat. Jika diilustrasikan tekanan tersebut sama dengan 1.600 ekor gajah afrika atau 50 unit pesawat A 380, pesawat komersil terbesar di bumi yang ditumpuk di atas tubuh penyelam. Oleh karena itu agar bisa menyelam ke dalam Palung Mariana, diperlukan alat canggih seperti kapal selam.

4. Kehidupan di Dalam Palung




Dengan banyaknya kontras antara daratan dan lingkungan palung ini, mulai dari perbedaan asam, panas, hingga dingin membuat lingkungan di sekitar Palung Mariana lebih beracun. Namun dari situlah kehidupan di dalamnya menjadi beragam. Di titik terdalam Challenger Deep ditemukan kurang lebih 200 mikroorganisme, krustasea, dan amphipoda, .

Rumornya, hiu Megalodon yang dikenal sebagai hiu purba dan hiu yang terbesar di muka bumi ini masih dengan bebas di dalam Challenger Deep. Namun faktanya, bukan nenek moyang dari hiu putih tersebut yang ditemukan di sana(atau mungkin belum). Melainkan beberapa spesies ikan dengan bentuk tubuh yang terbilang aneh dan memiliki wajah yang menyeramkan.

Berdasarkan hasil ekspedisi pada tahun 2012, ilmuwan menemukan tiga jenis makhluk hidup di sana, yaitu udang tak bercangkang (Amphipoda), amuba raksasa (xenophyophores), dan teripang kerdil (holothurian). Lalu, dari penelitan terbaru di awal tahun 2016, peneliti memperoleh spesies ubur-ubur kecil di sini. Uniknya, ubur-ubur ini memiliki sinar pada bagian kepala .

5. Gunung Everest Tenggelam Didalam Palung Mariana




Dengan kedalaman Challenger Deep yang mencapai 11 km, Gunung tertinggi di bumi, Everest pun tetap bisa tenggelam didalamnya.

puncak Everest tercatat ada pada ketinggian 8,84 km. Dengan tingkat kedalaman segitu, bisa dibayangkan seberapa gelapnya disana. normalnya sinar Matahari hanya bisa masuk ke area samudra pada kedalaman  3000 meter saja.

 

0 Response to "Palung Mariana, Tempat Terdalam dan Tergelap Di Bumi"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1